Rabu 27 Dec 2023 08:13 WIB

NASA Mengirimkan Video Seekor Kucing Taters dari Luar Angkasa ke Bumi 

Video durasi 15 detik menampilkan kucing oranye bernama Taters mengejar titik laser.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Gita Amanda
NASA
Foto: nasa.gov
NASA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam keberhasilan demonstrasi kemampuan-kemampuan komunikasi laser baru, NASA memancarkan video definisi ultra tinggi (UHD) melintasi luar angkasa sejauh 19 juta mil atau sekitar 30,5 juta km dari pesawat ruang angkasa Psyche ke Bumi awal bulan ini. 

Dilansir Engadget, Selasa (26/12/2023), ini pertama kalinya video streaming UHD dikirim dari luar angkasa melalui laser. Videonya adalah klip berdurasi 15 detik yang menampilkan kucing oranye bernama Taters mengejar titik laser. 

Baca Juga

Sinyal dari video yang dikirim pada 11 Desember itu sampai ke Bumi dalam waktu 101 detik dari lokasi Psyche saat itu. Yaitu, sekitar 80 kali jarak antara Bumi dan Bulan.  

Video itu diunggah sebelum misi diluncurkan, dan dikirm kembali ke rumah dengan transceiver laser penerbangan di atas kapal Psyche dengan kecepatan 267Mbps. Pesawat luar angkasa tersebut, yang memulai perjalanannya pada Oktober, sedang dalam perjalanan untuk mempelajari asteroid kaya logam di sabuk asteroid utama antara planet Mars dan Jupiter. 

“Meskipun mentransmisikan dari jarak jutaan mil, ia mampu mengirim video lebih cepat daripada kebanyakan koneksi internet broadband,” kata Ryan Rogalin, pimpinan penerima elektronik untuk proyek di Jet Propulsion Lab NASA. Faktanya, setelah menerima video di Palomar, video tersebut dikirim ke JPL melalui internet, dan koneksinya lebih lambat dibandingkan sinyal yang datang dari luar angkasa.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement