Jumat 22 Dec 2023 16:32 WIB

WhatsApp Kembangkan Fitur Pencarian Chat Berdasarkan Tanggal

Fitur pencarian berbasis kalender dirilis pada aplikasi Whatsapp Beta untuk Android.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Aplikasi perpesanan WhatsApp telah meluncurkan fitur reply bar atau bilah balasan baru untuk pembaruan status.
Foto: GadgetsNow
Aplikasi perpesanan WhatsApp telah meluncurkan fitur reply bar atau bilah balasan baru untuk pembaruan status.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari percakapan lama di tengah ratusan atau bahkan ribuan pesan yang tersimpan dalam aplikasi WhatsApp bisa memakan banyak waktu. Alasannya, pengguna harus menggulir seluruh riwayat percakapan yang tersimpan di aplikasi WhatsApp mereka secara manual.

Menyadari kesulitan tersebut, WhatsApp kini sedang mengembangkan sebuah fitur pencarian pesan berdasarkan kalender. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencari pesan dalam percakapan pribadi dan grup berdasarkan tanggal.

Baca Juga

Saat ini, fitur pencarian pesan berbasis kalender ini masih dalam tahap pengembangan. Fitur ini sudah dirilis pada aplikasi WhatsApp Beta untuk Android versi 2.23.26.16. 

Akan tetapi, tak semua pengguna aplikasi WhatsApp Beta sudah mendapatkan akses terhadap fitur baru ini.

Mengacu pada aplikasi WhatsApp Beta, fitur pencarian pesan berbasis kalender ini bisa diakses dengan cara membuka percakapan individu atau grup terlebih dahulu, lalu pilih simbol titik tiga di kanan atas. Setelah itu, pilih opsi Search.

Ikon kalender kecil nantinya akan muncul pada sebelah kanan kolom pencarian. Bila ikon tersebut dipilih, sebuah kalender akan muncul pada layar ponsel. Selanjutnya, pengguna cukup memilih tanggal, bulan, dan tahun yang diinginkan untuk melakukan pencarian pesan.

Seperti dilansir AndroidPolice pada Jumat (22/12/23), fitur pencairan pesan berdasarkan tanggal sudah dikembangkan oleh WhatsApp sejak 2020. Kala itu, WhatsApp baru mengembangkan fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal untuk ponsel iPhone.

Bulan lalu, fitur pencarian....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement