Sabtu 16 Dec 2023 08:03 WIB

Masuk Eropa Threads Berpotensi Raih Jutaan Pengguna Lagi

Threads baru saja diluncurkan di kawasan Eropa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Threads, saingan Meta untuk X, baru saja diluncurkan di Uni Eropa (UE), sebuah pasar dengan hampir setengah miliar orang. Aplikasi ini diluncurkan di Amerika Serikat (AS) dan mendapat sambutan meriah pada Juli dengan Meta berharap dapat menarik pengguna X yang kecewa dengan gejolak pada platform tersebut sejak Elon Musk mengakuisisinya seharga 44 miliar dolar AS 14 bulan lalu.

Dilansir Digital Trends, Sabtu(16/12/2023), Threads memulai dengan baik lima bulan yang lalu. Aplikasi itu meraih lebih dari 100 juta pengguna pada pekan pertama, meskipun dalam waktu satu bulan, lebih dari setengah dari pemilik akun telah berhenti mendaftar, menurut CEO Meta Mark Zuckerberg.

Baca Juga

Sejak itu, Meta telah mengembangkan Threads dengan fitur-fitur baru dalam upaya membangun komunitasnya. Kedatangannya di Eropa pasti akan meningkatkan jumlah akun dan memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan Threads.

Saat mengumumkan peluncuran di UE, juru bicara Meta mengatakan “perbaikan signifikan” telah dilakukan pada aplikasi tersebut sejak pertama kali diluncurkan pada musim panas. Termasuk penambahan pengalaman web, Following feed, kemampuan mengedit, pencarian dengan kata Kunci, tag topik, dan banyak lagi.

Orang-orang dapat mendaftar ke Threads menggunakan profil Instagram mereka untuk mendapatkan pengalaman penuh. Mereka yang memilih untuk menggunakan Threads tanpa profil dapat menjelajahi konten, berbagi konten melalui penyalinan tautan atau berbagi platform, mencari akun-akun, dan melaporkan konten Threads tetapi tidak dapat berinteraksi dengan konten.

Tidak jelas mengapa Meta membutuhkan waktu lama untuk meluncurkan Threads di UE. Beberapa laporan menunjukkan bahwa hal ini mungkin terkait dengan peraturan-peraturan yang lebih ketat mengenai penggunaan data dan dominasi pasar oleh perusahaan-perusahaan besar.

Mengizinkan pengguna di UE untuk menggunakan Threads tanpa profil tampaknya merupakan cara Meta untuk memuaskan regulator UE yang memiliki kekhawatiran tentang kedekatan Threads dengan Instagram.

Akan menarik untuk melihat apakah Meta mengungkapkan dalam beberapa hari mendatang jenis minat yang diterima Threads di antara orang-orang di UE dan bagaimana pengaruhnya terhadap jumlah penggunaannya secara global. Kehebohan seputar Threads hanya berlangsung sebentar, dan Meta kini sepertinya akan memainkan permainan jangka panjang. Satu hal yang pasti, X masih terlihat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement