Kamis 07 Dec 2023 11:52 WIB

Meta Luncurkan Imagine, Apa Itu?

Imagine memungkinkan pengguna membuat gambar dari perintah teks sederhana.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Meta telah meluncurkan versi mandiri dari generator gambarnya saat menguji lusinan fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
Meta telah meluncurkan versi mandiri dari generator gambarnya saat menguji lusinan fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meta telah meluncurkan versi mandiri dari generator gambarnya saat menguji lusinan fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Generator gambar yang disebut Imagine, pertama kali dipratinjau di acara Connect perusahaan pada bulan November dan telah tersedia sebagai bagian dari chatbot AI Meta.

Sekarang, dengan situs web khusus di imagine.meta.com, alat tersebut akan tersedia di luar aplikasi perpesanan perusahaan. Seperti alat AI generatif lainnya, Imagine memungkinkan pengguna membuat gambar dari perintah teks sederhana. 

Baca Juga

Semua gambar memiliki watermark yang terlihat di sudut kiri bawah yang menunjukkan bahwa gambar tersebut dibuat dengan Meta AI. Selain itu, Meta mengatakan akan segera mulai menguji sistem watermarking tak terlihat yang tahan terhadap manipulasi gambar umum seperti pemotongan, perubahan warna, tangkapan layar, dan banyak lagi.

Dilansir Engadget, Kamis (7/12/2023), bagi mereka yang berinteraksi dengan generator gambar di aplikasi perpesanan Meta, perusahaan juga memperkenalkan alat reimagine baru yang memungkinkan pengguna mengubah gambar yang sudah ada yang dibuat dengan Meta AI dalam obrolan dengan teman.

Menariknya, situs mandiri untuk Imagine tidak hanya memerlukan login Facebook atau Instagram, tapi juga akun Meta yang diperkenalkan awal tahun ini. Tidak jelas untuk saat ini apakah Meta merencanakan integrasi realitas virtual untuk Imagine, tetapi perusahaan menggunakan alat AI generatif barunya untuk mencoba memberikan kehidupan baru ke dalam metaverse-nya.

Meta juga menguji lusinan fitur AI generatif baru di seluruh aplikasinya. Di Instagram, perusahaan sedang menguji kemampuan untuk mengubah gambar lanskap menjadi potret di Stories dengan alat kreatif baru yang disebut “Expander.” 

Di Facebook, AI generatif juga akan mulai muncul di tempat-tempat seperti Grup dan Marketplace. Meta juga menguji saran penulisan yang dihasilkan AI untuk postingan Feed, profil Kencan Facebook, serta balasan yang dihasilkan AI untuk digunakan pembuat konten dalam membalas pesan langsung Instagram.

Dengan perubahan terbaru, Meta juga menyediakan 28 chatbot berisi selebriti untuk semua pengguna di Amerika Serikat. Perusahaan mengatakan akan menguji fitur memori jangka panjang baru untuk beberapa karakter AI-nya sehingga pengguna dapat lebih mudah kembali ke obrolan sebelumnya dan melanjutkan percakapan dari bagian terakhirnya. Chatbots tersedia di Instagram, Messenger dan WhatsApp. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement