Kamis 07 Dec 2023 13:35 WIB

Mohon Maaf, Tak Bisa Lagi Berkirim Pesan Antara Facebook dan Instagram

Obrolan lintas aplikasi seperti antara Instagram dan Facebook dihentikan Meta.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meta menghentikan fitur yang memungkinkan pengiriman pesan langsung antar-platform media sosial yang berbeda di bawah naungannya.
Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC
Meta menghentikan fitur yang memungkinkan pengiriman pesan langsung antar-platform media sosial yang berbeda di bawah naungannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meta menghentikan fitur yang memungkinkan pengiriman pesan langsung antar-platform media sosial yang berbeda di bawah naungannya. Artinya, obrolan lintas aplikasi seperti antara Instagram dan Facebook, tidak lagi dapat dilakukan mulai pertengahan Desember 2023.

Untungnya, percakapan lama pengguna yang ada di kedua aplikasi akan tetap tersedia, namun pengguna tidak akan dapat membalasnya atau memulai percakapan baru. Meta tampaknya telah menerbitkan kebijakan tersebut sejak atau sebelum 21 November 2023.

Baca Juga

Dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (7/12/2023), pengguna masih dapat mencari dan melihat pesan yang mereka kirim antara Instagram dan Messenger, tetapi semua fungsi lintas aplikasi lainnya akan hilang. Tanggal spesifik pemberhentian fitur itu belum dipublikasikan.

Pada tahun 2020, Meta memberlakukan penggabungan obrolan lintas aplikasi. Menurut Meta, itu akan memudahkan pengguna Facebook Messenger untuk mengirim pesan kepada teman dan keluarga tanpa harus mengunduh Instagram, begitu juga sebaliknya.

Beberapa pengamat berpendapat perubahan tersebut mungkin disebabkan oleh Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) Uni Eropa. Undang-undang tersebut bertujuan membatasi dominasi pasar perusahaan teknologi besar.

Tujuan DMA adalah untuk memudahkan konsumen beralih di antara berbagai layanan yang bersaing, termasuk 'platform media sosial, browser internet, dan toko aplikasi'. WhatsApp, yang juga dimiliki oleh Meta, tampaknya sedang mengembangkan fitur obrolan pihak ketiga yang kompatibel dengan DMA.

Pusat bantuan Instagram telah mengungkap detail lengkap pembaruan tersebut. Detail perkembangan baru itu menyebutkan bahwa setelah komunikasi lintas aplikasi tidak tersedia, pengguna tidak akan dapat memulai percakapan atau panggilan baru dengan akun Facebook dari Instagram.

Obrolan apa pun yang ada di Instagram yang dilakukan dengan akun Facebook hanya bisa dibaca, meskipun akun Facebook tersebut dihapus dari obrolan. Artinya, pengguna dan orang lain yang memiliki akun Instagram tidak dapat mengirim pesan baru dalam obrolan tersebut.

Akun Facebook tidak akan dapat melihat Status Aktivitas dan tak bisa mengetahui apakah pengguna telah melihat pesan. Obrolan apa pun yang dilakukan dengan akun Facebook tidak akan dipindahkan ke kotak masuk pengguna di Facebook atau Messenger. Namun, belum diketahui alasan jelas Meta memberlakukan hal itu.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement