Rabu 06 Dec 2023 09:23 WIB

Hanya Hitungan Detik, Ini Kiat Buat Avatar dengan Selfie di WhatsApp

Meta meluncurkan avatar di WhatsApp pada bulan Desember tahun lalu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp meluncurkan pembuatan avatar ini menjadi lebih sederhana hanya lewat selfie./ Ilustrasi
Foto: Mashable
WhatsApp meluncurkan pembuatan avatar ini menjadi lebih sederhana hanya lewat selfie./ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tahun lalu WhatsApp meluncurkan Avatar, memungkinkan pengguna membuat kartun doppelganger untuk digunakan sebagai gambar profil. Kini, WhatsApp meluncurkan pembuatan avatar ini menjadi lebih sederhana hanya lewat selfie.

Meta meluncurkan avatar di WhatsApp pada bulan Desember tahun lalu, setelah melihat keberhasilan itu di Facebook dan Instagram. Menurut raksasa teknologi tersebut, lebih dari satu miliar Meta Avatar telah dibuat.

Baca Juga

Hingga saat ini, pengguna harus membuat avatar ini dari awal, memilih semuanya mulai dari warna kulit hingga pakaian. Kini, Meta semakin memudahkan pembuatan avatar. “Sekarang Anda dapat mengambil selfie langsung, dan dalam hitungan detik kami akan memberi Anda opsi avatar yang disarankan yang dihasilkan dari foto Anda,” tulis WhatsApp.

“Anda dapat memilih dari opsi yang tersedia dan mempersonalisasikannya lebih lanjut untuk mewakili diri Anda sebaik-baiknya,” tulis mereka lagi.

Melansir Daily Mail, Rabu (6/12/2023), berikut cara mencoba fitur baru ini di profil WhatsApp. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, dan ketuk Pengaturan. Ketuk ‘Avatar’, lalu ketuk 'Buat Avatar Anda’, Ketuk ‘Memulai’, lalu ‘Izinkan Kamera’ dan ‘Ambil Foto’.

Lakukan selfie, lalu pilih warna kulit. Jika Anda tidak puas dengan selfie Anda, Anda dapat memilih untuk mengambil ulang pada tahap ini. Dalam hitungan detik, aplikasi akan menampilkan avatar yang disarankan, berdasarkan selfie Anda.

Jika Anda menyukainya, ketuk ‘Selesai’ atau ketuk ‘Lakukan pengeditan lebih lanjut’ untuk menyesuaikan avatar. “Foto Anda tidak akan digunakan untuk tujuan lain apa pun dan akan segera diproses untuk dihapus,” tulis WhatsApp meyakinkan.

Sejauh ini, fitur tersebut telah diuji dengan beberapa pengguna di seluruh dunia, dan kini akan diluncurkan secara global mulai hari ini. Fitur baru ini hadir tak lama setelah WhatsApp meluncurkan kemampuan untuk mengatur Kode Rahasia pada obrolan pribadi.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda mengatur kata sandi unik pada percakapan, memastikan percakapan terhindar dari pengintaian. “Kami meluncurkan kode rahasia, cara tambahan untuk melindungi obrolan tersebut dan membuatnya lebih sulit ditemukan jika seseorang memiliki akses ke ponsel Anda atau Anda berbagi ponsel dengan orang lain,” tulis WhatsApp.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement