Selasa 05 Dec 2023 09:46 WIB

Kerja Cepat Selesai, Coba Pakai 5 Peranti AI dan Website Ini

Ada lima alat AI yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bing Chat memungkinkan penggunanya memanfaatkan berbagai kemampuan di satu tempat, termasuk pembuatan gambar AI dan jawaban berdasarkan informasi web, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.
Foto: dok Microsoft
Bing Chat memungkinkan penggunanya memanfaatkan berbagai kemampuan di satu tempat, termasuk pembuatan gambar AI dan jawaban berdasarkan informasi web, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Perkembangan kecerdasan buatan (AI) generatif mungkin dimulai dengan peluncuran ChatGPT, namun teknologi tersebut kini telah diintegrasikan ke dalam semua jenis platform produktivitas yang dirancang untuk mempermudah alur kerja manusia sehari-hari. 

Dilansir ZDNET, Selasa (5/12/2023) berikut lima alat AI yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari yang ringan namun penting yang dalam jangka panjang, menambah banyak waktu yang dihemat. Hasilnya adalah Anda menghabiskan lebih sedikit waktu di admin dan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai atau yang lebih bermanfaat bagi pekerjaan Anda. 

Baca Juga

 

1.Bing Chat

Bing Chat memungkinkan penggunanya memanfaatkan berbagai kemampuan di satu tempat, termasuk pembuatan gambar AI dan jawaban berdasarkan informasi web, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Fasilitas gratis inilah yang membedakan Bing Chat dari pesaing berbasis langganan lainnya di pasar, termasuk ChatGPT, yang memerlukan langganan Plus untuk mengakses internet dan informasi real-time. 

Bing Chat juga dapat membantu mengoreksi tata bahasa, menulis ulang teks Ketika Anda tidak bisa mendapatkan kata-kata yang tepat, dan bahkan menulis pesan, proposal, atau jenis konten lainnya dari awal. 

 

2. Canva Pro

Canva mempermudah dan mempercepat pembuatan postingan media sosial, undangan, pamflet, dan presentasi. Sebelum bulan Oktober, Canva Pro sudah dilengkapi dengan serangkaian alat yang mengesankan untuk desain grafis, termasuk Magic Edit. Magic Design, Magic Eraser, Background Remover, dan banyak lagi. Namun penawarannya menjadi lebih mengesankan dengan peluncuran Magic Studio yang dilengkapi AI. 

Rangkaian alat di Magic Studio mencakup Magic Switch, Magic Media, Magic Design, Brand Voice, Magic Morph, Magic Grab, Magic Expand, dan masih banyak lagi, yang semuanya menyelesaikan serangkaian tugas berat, mengotomatiskan hampir semua visual Anda. 

 

3. Otter.ai

Dengan Otter.ai, Anda dapat mengimpor rekaman suara dan menyalin percakapan sepenuhnya dalam hitungan menit. AI assistant mencakup penunjukkan pembicara, stempel waktu, dan transkripsi yang cukup akurat. 

Otter.ai menawarkan paket gratis, tetapi Anda dibatasi hingga 300 menit transkrip bulanan dengan durasi 30 menit per percakapan untuk semua percakapan yang direkam di platform itu sendiri, dan Anda hanya mendapatkan tiga impor seumur hidup dengan akun gratis. Oleh karena itu, jika Anda merekam percakapan yang perlu ditranskrip di tempat lain, paket gratis mungkin bukan untuk Anda. 

 

4. ChatPDF

PDF sering kali berisi banyak informasi yang sulit dicerna; membaca jurnal ilmiah dan makalah penelitian bisa memakan banyak waktu karena banyaknya jargon. ChatPDF membutuhkan waktu beberapa detik untuk memindai PDF dan kemudian siap menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki, dan memberikan ringkasan terperinci. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang PDF apa pun dan memberikan kejelasan tentang topik atau halaman yang mungkin masih membingungkan Anda. 

 

5. Grammarly

Grammarly telah ada cukup lama dan AI telah menjadi bagian integral dari layanannya. Platform ini dikenal karena kemampuannya memeriksa ejaan, tata bahasa, keringkasan, dan banyak lagi dalam tulisan Anda sehari-hari untuk alasan baik. 

Seseorang bisa mengaktifkan ekstensi Grammarly untuk Chrome sehingga AI dapat bekerja di latar belakang untuk menangkap kesalahan apa pun yang saya lewatkan. 

Selain bantuan tata bahasa dasar, alat ini dapat menawarkan bantuan lebih lanjut lainnya berkat integrasi AI generatif, yang menambahkan fitur dan pintasan yang dapat memberikan pintasan ke tugas Anda sehari-hari. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan Grammarly untuk membuat atau menulis ulang teks, memberikan ide, mengidentifikasi kesenjangan dalam tulisan Anda, mengubah nada teks, menghasilkan balasan cepat, membuat kerangka, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat memilih suara, yang mencakup opsi formalitas dan nada, untuk membantu menulis pesan untuk berbagai platform, seperti LinkedIn atau email. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement