Senin 04 Dec 2023 13:31 WIB

Whatsapp Luncurkan Sistem Keamanan Baru, Khusus untuk Obrolan Sensitif

WhatsApp mengumumkan pembaruan signifikan pada fitur Kunci Obrolan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp mengumumkan pembaruan signifikan pada fitur Kunci Obrolan yang telah ada dengan pengenalan fungsionalitas baru yang disebut Kode Rahasia.
Foto: Unsplash
WhatsApp mengumumkan pembaruan signifikan pada fitur Kunci Obrolan yang telah ada dengan pengenalan fungsionalitas baru yang disebut Kode Rahasia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Whatsapp mengumumkan pembaruan signifikan pada fitur Kunci Obrolan yang telah ada dengan pengenalan fungsionalitas baru yang disebut Kode Rahasia. Langkah terbaru ini bertujuan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan, khususnya pada percakapan sensitif untuk melindungi akses yang tidak sah ke dalam perangkat pengguna.

Dilansir Gizchina pada Senin (4/12/2023), Kode Rahasia memungkinkan pengguna Whatsapp membuat kata sandi yang berbeda untuk mengamankan obrolan mereka sehingga menjadikannya terpisah dari kunci buka ponsel utama. Selain itu, pengguna dapat menyembunyikan folder Obrolan Terkunci mereka, sehingga menjaga agar folder tersebut tetap tidak terlihat di daftar obrolan utama layanan.

Baca Juga

Untuk mengakses folder tersembunyi ini, pengguna hanya perlu memasukkan Kode Rahasia ke dalam bilah pencarian aplikasi. Whatsapp juga menyederhanakan proses pengamanan obrolan dengan memungkinkan pengguna mengunci percakapan hanya dengan menekan lama, mengoptimalkan keamanan, dan aksesibilitas secara keseluruhan.

Meskipun fitur Kode Rahasia saat ini masih dalam tahap awal penerapan, Whatsapp menyatakan bahwa itu akan tersedia secara bertahap di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang. Langkah ini tidak hanya menekankan komitmen Whatsapp terhadap privasi pengguna, tetapi juga mengakui kebutuhan basis pengguna global yang terus berkembang.

Dalam era di mana interaksi digital menjadi tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, menjaga privasi percakapan pribadi menjadi sangat penting. Fitur Kode Rahasia Whatsapp hadir sebagai solusi yang tepat waktu, yang memberikan pengguna tingkat kontrol tambahan atas privasi mereka. Keunikan kata sandi yang terpisah dari kode buka kunci ponsel memberikan pendekatan yang disesuaikan untuk melindungi informasi sensitif.

Selain itu, kemampuan untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci dalam antarmuka aplikasi Whatsapp memenuhi kebutuhan pengguna yang mencari pengalaman komunikasi yang lebih rahasia. Proses yang disederhanakan untuk mengunci obrolan tertentu melalui penekanan yang lama di layar memastikan keamanan yang ditingkatkan dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

Meskipun fitur Kode Rahasia baru saja diluncurkan, ketersediaannya secara global menandakan respons aktif Whatsapp terhadap lanskap privasi digital yang terus berkembang. Pembaruan ini memperkuat dedikasi Whatsapp untuk memberdayakan pengguna dengan alat canggih yang diperlukan untuk menjaga keamanan komunikasi mereka di dunia digital yang semakin terhubung. Pengguna dapat terus memantau secara rutin keberadaan fitur Kode Rahasia yang akan segera tersedia bagi mereka di seluruh dunia, menawarkan rasa kontrol dan privasi yang lebih tinggi. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement