Rabu 29 Nov 2023 19:55 WIB

Meta Hadirkan Fitur View Once untuk WhatsApp, Ini Fungsinya

Fitur View Once ini khusus ditujukan untuk WhatsApp di desktop dan web.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
  Meta meluncurkan fitur View Once ke WhatsApp di desktop dan web yang memungkinkan pengguna mengirimkan konten yang punya durasi tertentu.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Meta meluncurkan fitur View Once ke WhatsApp di desktop dan web yang memungkinkan pengguna mengirimkan konten yang punya durasi tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meta meluncurkan fitur View Once ke WhatsApp di desktop dan web yang memungkinkan pengguna mengirimkan konten yang punya durasi tertentu. Pembaruan ini awalnya ditemukan oleh WABetaInfo karena raksasa teknologi tersebut belum mengumumkannya secara resmi. 

Merujuk pada laporan WABetaInfo, dilansir Techradar, Rabu (29/11/2023), pada dasarnya fiturnya sama persis di ponsel. WhatsApp menambahkan View Once ke aplikasi ponsel cerdasnya pada tahun 2022 sebagai alat privasi baru. 

Baca Juga

Gambar atau video yang dikirim ke kontak dengan cara ini tidak dapat disimpan. Setelah penerima melihat file tersebut, file itu hilang selamanya. Hal ini memastikan materi sensitif tidak pernah dilihat oleh pihak luar, dibagikan kepada orang lain, atau berisiko diambil oleh pelaku kejahatan. 

Rupanya, hal ini sangat diminta karena WABetaInfo berusaha merespons keluhan pengguna karena tidak bisa mengirim pesan sekali lihat di desktop. Tampaknya Meta mendengar protes tersebut, meskipun perusahaan membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk meresponsnya. 

Ada beberapa detail kecil yang perlu Anda ketahui. Meta meluncurkan fitur View Once ke WhatsApp di desktop dan web yang memungkinkan pengguna mengirimkan konten yang sensitif terhadap waktu. 

Pembaruan ini awalnya ditemukan oleh WABetaInfo karena raksasa teknologi tersebut belum mengumumkannya secara resmi. Melihat laporan WABetaInfo, pada dasarnya fiturnya sama persis di ponsel. 

Ada beberapa detail kecil yang perlu Anda ketahui. Penerima memiliki waktu 14 hari untuk membuka media atau itu tersebut akan terhapus secara otomatis, menurut Pusat Bantuan WhatsApp. Orang lain tidak dapat mengambil tangkapan layar dari konten sementara tersebut, tetapi hanya jika mereka telah menginstal WhatsApp versi terbaru. 

Ada kemungkinan bagi orang lain untuk mengambil tangkapan layar file View Once jika mereka menjalankan perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, perusahaan merekomendasikan pengiriman konten secara ketat kepada individu terpercaya. Ada rencana untuk memperbaiki kesenjangan privasi, namun tidak ada kabar kapan Meta akan mengatasi masalah ini. 

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat mengirim beberapa gambar sementara sekaligus. Anda harus mengirim setiap file satu per satu. Selain itu, seperti yang ditunjukkan oleh Windows Central, Anda dapat menonton ulang video sementara “sesering yang Anda mau”, tetapi Anda harus tetap berada di antarmuka. Mengeklik putar sebelum waktunya atau meninggalkan jendela akan membuat Anda kehilangan akses. 

Pembaruan akan tersedia untuk pengguna Windows dan MacOS. WABetaInfo menyatakan bahwa pembaruan dirilis secara bertahap sehingga hanya kelompok tertentu yang dapat mengaksesnya saat ini. Techradar menyarankan Anda untuk terus 

 

Cara mengirimkan konten View Once

Mengirim foto View Once itu mudah. Setelah meluncurkan WhatsApp di desktop dan memilih obrolan, klik ikon lampiran di sebelah kotak teks lalu pilih gambar. Di atas tombol kirim ada nomor satu di dalam lingkaran yang menghilang. 

Mengeklik ikon itu akan mengaktifkan fungsi View Once. Kirimkan Gambar itu ke seseorang dan gambar itu akan terhapus saat mereka menutupnya. WhatsApp di web memiliki tata letak yang berbeda, tetapi untungnya prosesnya sama persis. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement