Rabu 29 Nov 2023 18:53 WIB

Mau Skripsi Cepat Kelar? Coba Pakai 5 AI Ini

Perlu diingat bahwa teknologi AI ini hanya bersifat membantu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kini sudah ada kecerdasan buatan (AI) yang bisa membantu untuk memudahkan dalam mengerjakan skripsi. Namun, perlu diingat bahwa teknologi AI ini hanya bersifat membantu.
Foto: www.freepik.com
Kini sudah ada kecerdasan buatan (AI) yang bisa membantu untuk memudahkan dalam mengerjakan skripsi. Namun, perlu diingat bahwa teknologi AI ini hanya bersifat membantu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tantangan terberat mahasiswa sepanjang masa kuliah adalah ketika skripsi. Setelah hampir empat tahun menimba ilmu dalam jurusan yang telah dipilih, maka harus dibuat pula sebuah uji coba terhadap suatu masalah yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari.

Skripsi juga kerap membuat mahasiswa stres dan kelelahan. Namun mengikuti perkembangan zaman, kini sudah ada kecerdasan buatan (AI) yang bisa membantu untuk memudahkan dalam mengerjakan skripsi. Namun, perlu diingat bahwa teknologi AI ini hanya bersifat membantu, bukan mengerjakan skripsi secara total. Pastikan pula untuk melakukan parafrasa agar tidak terdeteksi sebagai karya plagiat. Berikut lima AI yang bisa dicoba.

Baca Juga

1. Chat GPT

Chat GPT merupakan program AI berbasis model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini merupakan teknologi AI yang paling banyak dibicarakan, karena pengguna hanya cukup menuliskan beberapa kata kunci, maka Chat GPT akan langsung menunjukkan sarannya.

Untuk skripsi, Chat GPT dapat merekomendasikan judul skripsi sesuai dengan variabel yang dimaksud. Selain itu, Chat GPT juga bisa membantu untuk mencari referensi isi penelitian, seperti kalimat maupun teori.

 

2. Consensus

Consensus AI dapat diakses melalui consensus.app yang dapat digunakan untuk menentukan teori apa yang pas untuk diterapkan dalam penelitian. Pengguna hanya cukup memasukkan rumusan permasalahan, maka nanti akan muncul teori-teori yang memungkinkan.

 

3. Elicit

Elicit dapat diakses melalui elicit.org yang sebenarnya mirip dengan Consensus. Tetapi lewat teknologi AI ini, pengguna akan lebih mudah dalam menentukan konsep penelitian, juga dengan memasukkan rumusan permasalahan. Elicit juga akan menunjukkan referensi yang valid dan sesuai.

 

4. Research Rabbit

Ini merupakan teknologi AI untuk membantu dalam pencarian makalah atau artikel, untuk menunjang penelitian. Pengguna akan direkomendasikan pada artikel atau makalah yang menarik, hanya dengan memasukkan variabel penelitian.

 

5. Chat PDF

Setelah semua penelitian selesai, jangan lupa untuk cek ulang dengan Chat PDF. Ini akan membantu pengguna untuk mengecek ulang frasa yang ada dalam skripsi apakah sudah valid dan benar.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement