Ahad 26 Nov 2023 01:17 WIB

Panggilan WhatsApp tidak Terdeteksi, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Koneksi yang tidak stabil mengganggu sinyal antar perangkat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Banyak pengguna iPhone mendapati panggilan WhatsApp mereka tidak muncul. Biasanya, panggilan tidak berdering sehingga membuat pengguna bingung menjelaskan mengapa tidak mengangkatnya.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Banyak pengguna iPhone mendapati panggilan WhatsApp mereka tidak muncul. Biasanya, panggilan tidak berdering sehingga membuat pengguna bingung menjelaskan mengapa tidak mengangkatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak pengguna iPhone mendapati panggilan WhatsApp mereka tidak muncul. Biasanya, panggilan tidak berdering sehingga membuat pengguna bingung menjelaskan mengapa tidak mengangkatnya.

Melansir Indian Express, Sabtu (25/11/2023), beberapa penjelasan bisa menjadi penyebab hal tersebut terjadi, serta ada lima cara untuk mengatasi panggilan yang tidak terdeteksi.

Baca Juga

1. Koneksi

Salah satu alasan utama iPhone tidak memberi tahu panggilan WhatsApp adalah koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Koneksi yang tidak stabil mengganggu sinyal antar perangkat, mencegah masuknya panggilan.

Sebelum menyalahkan perangkat, periksa bilah koneksi. Jika rendah, ganti lokasi atau beralih antara data seluler dan Wi-Fi. Jika masalah terus berlanjut di seluruh koneksi, mungkin ada masalah lain yang mungkin terjadi.

 

2. Mode diam

Inilah kesalahan klasik, tombol dering/senyap ponsel di-setting menjadi senyap tanpa disadari. Tanpa pemberitahuan yang terdengar, panggilan mudah terlewatkan. Tombol di samping iPhone mengontrol mode dering/senyap. Geser ke atas untuk kembali ke notifikasi suara.

 

3. Terhubung di tempat lain

Jika iPhone terhubung dengan headphone nirkabel, speaker, atau bahkan Apple Watch, notifikasi panggilan masuk dapat dialihkan tanpa disadari.

Misalnya, suara panggilan WhatsApp dapat diputar secara otomatis melalui AirPods, bukan melalui speaker iPhone. Pengguna dapat memeriksa apakah ada perangkat Bluetooth yang terhubung melalui Pusat Kontrol dengan menahan ikon Bluetooth.

 

4. Mode Jangan Ganggu

Faktor lain yang dapat memengaruhi kemampuan iPhone berdering adalah mengaktifkan mode DND. Dengan DND diaktifkan, iPhone meredam suara untuk mencegah gangguan.

Hal tersebut tidak hanya memengaruhi kemampuan menelepon di WhatsApp, namun juga semua aplikasi lainnya. Pengguna dapat mematikan mode ini dari Pengaturan kemudian pilih Jangan Ganggu.

 

5. Kebisingan Telepon

Percaya atau tidak, fitur iPhone yang dimaksudkan untuk meningkatkan audio terkadang dapat mencegah notifikasi panggilan. Kasus panggilan WhatsApp tidak berdering terkadang bisa disebabkan oleh kesalahan Phone Noise Cancellation.

Pengguna dapat mengakses fitur ini di bawah pengaturan aksesibilitas iPhone dengan membuka Pengaturan, lalu menavigasi ke Aksesibilitas, lalu Audio/Visual, lalu Peredam Kebisingan Telepon. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement