Rabu 22 Nov 2023 18:45 WIB

Siap-Siap Rogoh Kocek untuk Pakai WhatsApp, Segini Biayanya

Cadangan atau backups adalah salinan riwayat obrolan pengguna WhatsApp.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
 Mulai awal tahun depan, cadangan WhatsApp akan diperhitungkan dalam batas penyimpanan cloud akun Google pribadi Anda di ponsel Android.
Foto: Unsplash
Mulai awal tahun depan, cadangan WhatsApp akan diperhitungkan dalam batas penyimpanan cloud akun Google pribadi Anda di ponsel Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan obrolan paling populer di dunia. Aplikasi tersebut juga mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan di sebagian besar ponsel cerdas. 

Bagian terbaik lainnya adalah gratis. Namun hal itu akan berubah bagi sebagian pengguna WhatsApp setelah pengumuman dari Google. 

Baca Juga

Dilansir Express, Rabu (22/11/2023), mulai awal tahun depan, cadangan WhatsApp akan diperhitungkan dalam batas penyimpanan cloud akun Google pribadi Anda di ponsel Android. Cadangan atau backups adalah salinan riwayat obrolan Anda yang berisi semua pesan, gambar, dan video sehingga Anda dapat memulihkan semua obrolan jika Anda kehilangan ponsel atau mendapatkan yang baru. 

Di Android, Anda harus mencadangkan obrolan WhatsApp Anda di aplikasi dengan menautkan akun Gmail pribadi Anda. Cadangan disimpan di penyimpanan cloud Google, namun tidak diperhitungkan dalam batas akun pribadi Anda. Yaitu, minimal 15 GB untuk semua pemegang akun Google. 

Berdasarkan perubahan ini, pencadangan akan mengurangi penyimpanan. Jadi jika hal ini membuat Anda melampaui batas penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB, Anda harus membayar Google untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan. 

Sekilas ponsel di express.co.uk menunjukkan memiliki lebih dari 4GB data di cadangan WhatsApp. Jumlah tersebut hampir sepertiga dari penyimpanan gratis yang ditawarkan Google kepada pelanggan. 

Tingkat penyimpanan berikutnya yang ditingkatkan dari 15GB adalah 200GB. Jumlah itu lebih banyak, tetapi biayanya 2,49 poundsterling atau sekitar Rp 48.487 per bulan. Banyak pengguna WhatsApp di Android mungkin harus membayar biaya ini ketika perubahan mulai berlaku. 

Dalam sebuah postingan blog, Google mengatakan perubahan tersebut akan diluncurkan pertama kali pada bulan Desember 2023 kepada siapa saja yang menggunakan WhatsApp versi beta, dan semua orang akan melihatnya hadir di ponsel mereka pada awal tahun 2024.

Manajer komunitas Google mengatakan pencadangan WhatsApp di Android akan terus berfungsi, selama Anda memiliki ruang tersedia di penyimpanan Akun Google Anda. Menurut dia, jika Anda mencapai batas penyimpanan, Anda harus mengosongkan ruang untuk melanjutkan pencadangan dengan menghapus item yang tidak diperlukan. 

“Jika Anda memiliki Akun Google pribadi, alat pengelolaan penyimpanan kami dapat membantu Anda melakukan hal-hal seperti menghapus file atau foto berukuran besar. Anda juga dapat menghapus item langsung dari WhatsApp. Menghapus item dari WhatsApp akan menghapusnya dari penyimpanan cloud Anda, sehingga mengurangi penyimpanan yang digunakan oleh cadangan WhatsApp Anda berikutnya. Anda juga memiliki opsi untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan dengan Google One,” ujar manajer komunitas Google. 

Pengguna WhatsApp di iPhone sudah lama harus menghitung cadangannya pada penyimpanan iCloud mereka, dan Apple hanya memberi setiap orang 5GB secara gratis. Google membatalkan keputusan yang dibuat pada tahun 2018 untuk menawarkan pencadangan secara gratis, kembali ke situasi awal yang akan dialami oleh pengguna WhatsApp Android pada tahun 2024 mendatang. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement