Rabu 22 Nov 2023 13:06 WIB

Ini Sosok Dua Anak Mbah Moen yang Memilih di Barisan Timnas AMIN

Kiai Najih Maimoen merupakan anak kedua dari Syaikh Maimoen Zubair.

Rep: Eva Rianti/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Gus Najih Maimoen
Foto: Dok Istimewa
Gus Najih Maimoen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar telah mengumumkan personel lengkap Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN. Di antara nama tersebut, terdapat dua anak Mbah Maimoen, yakni KH Muhamad Najih Maimoen dan KH Wafi Maimoen.

Kiai Najih Maimoen merupakan anak kedua dari Syaikh Maimoen Zubair. Ia memiliki nama lengkap Muhammad Najih. Pria kelahiran Sarang, Rembang, ini bersungguh-sungguh belajar agama sejak kecil. Awal kali belajar agama, ia berguru kepada ayahnya. Kemudian, pada 1982 berangkat ke Makkah untuk belajar ilmu lebih dalam tentang syariat.  

Baca Juga

Seperti dilansir di laman PPAlanwar, di Makkah, ia berguru dengan Sayyid Muhammad selama bertahun-tahun. Melihat keilmuan beliau yang mumpuni dan pendidikannya yang tinggi, oleh sang ayah pada 1995 beliau diamanati untuk membimbing dan mengasuh salah satu khos di PP Al Anwar, khos itu bernama Darus Shohihain sesuai dengan kecintaan beliau pada ilmu hadis.

Pada 1 Oktober 2023 lalu, Anies Baswedan berkunjung ke kediaman Kiai Muhammad Najih di Sarang, Kabupaten Rembang. Ia bersilaturahim sekaligus meminta nasihat. 

Menurut Anies Baswedan di Rembang, Ahad (1/101/2023) tujuannya ke Sarang, Kabupaten Rembang ini memang untuk bersilaturahmi dengan Kiai Haji Muhammad Najih Maimoen pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang. "Saya datang untuk memohon nasihat dan doa, atas amanah yang sedang kami emban," ujarnya didampingi Kiai Muhammad Najih Maimoen saat itu.

Sementara, KH Wafi Maimoen merupakan putra keempat dari pasangan Kiai Maimoen Zubair dan Nyair Masthi'ah. Ia merupakan jebolan Universitas Al Fattah Al Islami Damaskus. Ia belajar dari Said Romdhon al-Buthiy. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement