Kamis 23 Nov 2023 02:43 WIB

Jangan Asal Jual Rumah, Lakukan 7 Langkah Mudah Ini Dulu Agar Harga Naik

Kamar mandi dan dapur sering kali menjadi faktor keberhasilan penjualan properti.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ketika Anda berencana menjual rumah, ada baiknya memperbaiki dulu kondisi rumah sebelum memutuskan untuk menawarkan ke pasar. /  Ilustrasi
Foto: Foto : MgRol_93
Ketika Anda berencana menjual rumah, ada baiknya memperbaiki dulu kondisi rumah sebelum memutuskan untuk menawarkan ke pasar. / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketika Anda berencana menjual rumah, ada baiknya memperbaiki dulu kondisi rumah sebelum memutuskan untuk menawarkan ke pasar. Ada berbagai cara murah namun cerdas untuk memperbaiki rumah apa pun dengan anggaran terbatas. Berikut di antaranya:

 

Baca Juga

1. Perbaiki goresan atau bekas

Melansir laman Express, Rabu (22/11/2023), para ahli menjelaskan ketika Anda memindahkan lemari itu dua tahun lalu dan itu menandai dinding lantai atas.

"Saatnya untuk memperbaiki goresan itu dengan spidol yang berisi noda atau untuk noda yang lebih dalam, belilah bahan pengisi poliester sebelum menambahkan lapisan cat baru.”

 

2. Baja tahan karat yang sangat bersih

Kamar mandi dan dapur sering kali menjadi penentu keberhasilan sebuah properti karena biaya perubahannya mahal. Untuk membuatnya berkilau, para ahli merekomendasikan untuk fokus pada bahan baja tahan karat, yang membuatnya bersinar. Juga jangan lupa bahwa tablet pembersih kerak itu murah sekali dan berfungsi dengan sangat baik dalam hitungan menit.

 

3. Cat kayu eksterior

Para ahli berkata kembalikan bagian luar kayu seperti pagar, gerbang, dan kusen jendela dan pintu ke kilau aslinya dengan memperbaiki noda yang tidak sedap dipandang dengan cat baru. “Ini murah dan mudah dilakukan, tetapi akan membuat perbedaan besar dan langsung meningkatkan daya tarik rumah Anda," ujarnya.

 

4. Tingkatkan soket dinding untuk menyertakan USB

Jika Anda memiliki kabel atau kabel ekstensi yang berlebihan di area rumah yang mencolok, para ahli merekomendasikan untuk meningkatkan stopkontak di dinding ke stopkontak yang memiliki port USB. Ini secara otomatis membuat area rumah terlihat lebih rapi dan sangat cocok untuk mengisi daya banyak teknologi.

 

5. Bersihkan karpet

Karpet tua dan usang tidak terlihat bagus bagi calon pembeli dan meskipun mengganti seluruh karpet itu mahal, membersihkannya tidaklah mahal. Anda juga bisa menyewa tenaga pembersih dengan paket harga terjangkau.

 

6. Cat baru

Para ahli mengatajan cahaya menciptakan ilusi ruang, jadi membuat rumah Anda tampak lebih terang adalah cara yang murah dan mudah untuk meningkatkan nilainya. “Jika Anda memiliki ruangan yang berukuran lebih kecil, mengecatnya dengan warna putih cerah atau ecru dapat membuatnya tampak lebih besar sehingga lebih menarik bagi calon pembeli.”

 

7. Menyegarkan nat

Nat yang kotor dapat membuat dapur dan kamar mandi terlihat tua dan tidak terawat sehingga dapat berdampak pada harga rumah Anda, menurut para profesional.

Cara yang murah dan mudah agar terlihat baru adalah dengan membersihkannya dengan cara menggosoknya dengan campuran baking soda dan air serta sikat gigi.

Metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit tetapi dapat membuatnya tampak seperti baru saja dipasang ulang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement