Rabu 22 Nov 2023 14:46 WIB

IPhone 16 Pro Disebut Bakal Punya Kamera Canggih, Begini Bocorannya

Apple jarang membedakan model Pro dan Pro Max selain ukuran layar dan baterai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rancangan iPhone 16 masih dalam tahap awal, tetapi salah satu bocoran paling heboh yang terdengar sejauh ini adalah iPhone 16 Pro akan mendapatkan kamera zoom optik 5x, seperti iPhone 15 Pro Max.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Rancangan iPhone 16 masih dalam tahap awal, tetapi salah satu bocoran paling heboh yang terdengar sejauh ini adalah iPhone 16 Pro akan mendapatkan kamera zoom optik 5x, seperti iPhone 15 Pro Max.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rancangan iPhone 16 masih dalam tahap awal, tetapi salah satu bocoran paling heboh yang terdengar sejauh ini adalah bahwa iPhone 16 Pro akan mendapatkan kamera zoom optik 5x, seperti yang dimiliki iPhone 15 Pro Max. Berbagai sumber telah mengatakan hal yang sama, dan sekarang salah satu nama terbesar dalam kebocoran Apple mengatakan hal yang sama kedua kalinya. 

Dilansir Tech Radar, Rabu (22/11/2023), secara khusus, Ming-Chi Kuo, seorang analis dengan rekam jejak informasi Apple yang bagus, telah mengklaim dalam postingan Medium (melalui MacRumors) bahwa Apple kemungkinan akan menyertakan kamera tetraprisma. Jadi meskipun spesifikasi pasti dari kamera tersebut tidak disebutkan di sini, kemungkinan besar Kuo mengacu pada perangkat keras yang sama. 

Baca Juga

Tetraprisma Apple, sebagai referensi, adalah desain kamera yang mencakup struktur kaca terlipat, memungkinkan cahaya dipantulkan empat kali, dan pada gilirannya membolehkan zoom optik dengan jangkauan lebih jauh daripada kamera telefoto standar. Idenya mirip dengan kamera periskop seperti zoom optik 10x yang digunakan Samsung Galaxy S23 Ultra, tetapi lebih ringkas. 

Namun, masalah ukuran mungkin bukan satu-satunya alasan Apple mencadangkan kamera zoom 5x ini untuk iPhone 15 Pro Max. Menurut Kuo, Largan, perusahaan yang memasok lensa ini, hanya memperoleh hasil produksi sekitar 40 persen pada kuartal ketiga tahun 2023. Jadi dengan kata lain, sebagian besar lensa yang dibuat Largan tidak memenuhi standar yang disyaratkan. 

Mungkin saja Apple merasa lensa ini hanya memiliki cukup untuk melengkapi satu ponsel dengan lensa tersebut. Ini adalah masalah yang mungkin tidak akan dihadapi tahun depan, karena Kuo mengklaim survei terbarunya menunjukkan bahwa Largan kini memiliki imbal hasil minimal 70 persen. 

Jadi, antara kemungkinan layar yang lebih besar dan kemungkinan peningkatan hasil komponen, masuk akal jika iPhone 16 Pro mungkin memiliki kamera ini, terutama karena Apple jarang membedakan model Pro dan Pro Max selain ukuran layar dan baterai. 

Kita masih menganggap ini dengan skeptisisme, tetapi Kuo bukan satu-satunya suara yang mengklaim iPhone 16 Pro akan mendapatkan peningkatan kamera ini. Kita juga pernah mendengar klaim kamera iPhone 16 Pro ini dari analis Jeff Pu dan di tempat lain. 

Jadi kemungkinan besar ketika Apple meluncurkan iPhone 16 Pro tahun depan, ia akan memiliki kamera telefoto yang sama dengan iPhone 15 Pro Max. Meskipun mungkin masih tidak cocok dengan iPhone 16 Pro Max, laporan awal menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro Max akan dapat melakukan zoom lebih jauh. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement