Rabu 15 Nov 2023 14:15 WIB

Disebut Pro-Palestina oleh Amerika Serikat, Begini Tanggapan TikTok

TikTok menyebutkan bahwa algoritma rekomendasi platform tidak memihak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Politisi Amerika terus berupaya untuk melarang aplikasi Tiktok karena dianggap meningkatkan konten pro-Palestina./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO
Politisi Amerika terus berupaya untuk melarang aplikasi Tiktok karena dianggap meningkatkan konten pro-Palestina./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Politisi Amerika terus berupaya untuk melarang aplikasi Tiktok karena dianggap meningkatkan konten pro-Palestina. Dalam surat terbukanya baru-baru ini, Senator Josh Hawley mengatakan bahwa masuknya konten yang kritis terhadap Israel dapat “mempropagandakan orang Amerika”.

Beberapa politisi Amerika menyalahkan TikTok atas dukungan pemilih muda terhadap warga Palestina, dan menyebut bahwa platform tersebut lebih mendorong konten pro-Palestina dibandingkan konten pro-Israel.

Baca Juga

Beberapa konten kreator Yahudi menuduh TikTok gagal memoderasi klaim antisemitisme bahwa postingan pembuat konten Yahudi tentang Israel tidak viral, sementara banyak pembuat konten pro-Palestina mendorong pengikutnya untuk menggunakan kata-kata sandi dan simbol untuk menghindari penghilangan konten.

Dalam unggahan blognya, TikTok menyebutkan bahwa algoritma rekomendasi platform tidak memihak dan justru memiliki langkah-langkah ketat untuk mencegah manipulasi. Postingan TikTok itu muncul menyusul seruan baru selama berminggu-minggu untuk menindak aplikasi tersebut, yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok ByteDance, karena masalah keamanan nasional. 

Dalam sebuah wawancara dengan Sean Hannity bulan lalu, Senator Marco Rubio  mengatakan bahwa generasi muda Amerika “sangat pro-Palestina dan pro-Hamas,” dan dia yang menuding TikTok sebagai salah satu penyebabnya.

Dia mengklaim bahwa para analis mengaitkan perbedaan dukungan generasi muda Amerika terhadap Palestina dibandingkan dengan generasi yang lebih tua seiring “berkembangnya konten anti-Israel di TikTok.” Hawley menegaskan bahwa konten tersebut, seperti seruan luas untuk gencatan senjata, sejalan dengan kebijakan luar negeri China, dan menyatakan kekhawatiran bahwa Amerika dapat terpengaruh.

Surat Hawley mengutip rangkaian thread tanggal 25 Oktober X (sebelumnya Twitter) yang ditulis oleh mantan eksekutif Tinder Jeff Morris Jr. Dia membandingkan total penayangan hashtag pro-Palestina di TikTok dengan hashtag pro-Israel, dan mengklaim bahwa pengguna TikTok diberi insentif untuk memposting “konten anti-Israel” untuk meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan pengikut mereka. 

Morris juga memposting tangkapan layar dari apa yang disebutnya “peternakan bot anti-Israel” dari aplikasi perpesanan Telegram, yang tidak berafiliasi dengan TikTok.

Dalam postingan awalnya yang menanggapi thread Morris, TikTok menyatakan bahwa “analisis yang tidak masuk akal” terhadap data tagarnya menyebabkan beberapa orang “secara keliru menganggap bahwa TikTok mendorong konten pro-Palestina daripada konten pro-Israel ke pengguna AS”.

Dalam postingan lanjutannya, TikTok menunjukkan bahwa pengguna di kawasan seperti Timur Tengah dan Asia Tenggara memiliki “porsi besar” penayangan terhadap tagar pro-Palestina. Perusahaan juga mencatat bahwa volume konten terkait Palestina dan konten terkait Israel serupa di TikTok, Instagram, dan Facebook. Di Instagram, misalnya, terdapat 5,7 juta postingan dengan tag #FreePalestine, dan 214.000 postingan dengan tag #standwithIsrael. Untuk memastikan bahwa algoritmanya bertindak sesuai dengan keinginan TikTok, platform telah memberikan akses pihak ketiga dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada auditor eksternal.

Algoritme rekomendasi TikTok dijalankan dengan membuat skor prediksi untuk menentukan peringkat video, dan memeriksa apakah konten yang direkomendasikan mematuhi pedoman komunitas. TikTok mengatakan pihaknya meluncurkan pusat komando sumber daya dan personel, termasuk lebih banyak moderator yang bisa berbahasa Arab dan Ibrani. Perusahaan juga telah menindak ujaran kebencian, misinformasi, dan akun palsu dengan menghapus ratusan ribu video yang melanggar sejak 7 Oktober.

“Konten yang dilihat orang-orang di TikTok dihasilkan oleh komunitas kami dan rekomendasinya didasarkan pada konten yang pernah digunakan orang-orang sebelumnya. TikTok tidak 'mempromosikan' satu sisi suatu masalah dibandingkan sisi lainnya,” kata aplikasi itu.

TikTok dalam postingan blognya, juga menegaskan bahwa generasi muda telah bersimpati terhadap Palestina “jauh sebelum TikTok ada.” Jajak pendapat Gallup pada tahun 2009 menunjukkan bahwa meskipun generasi tua cenderung lebih bersimpati terhadap Israel, generasi milenial Demokrat semakin bersimpati terhadap Palestina. Data jajak pendapat Gallup juga menunjukkan bahwa keberpihakan Amerika terhadap Israel telah menurun sejak tahun 2020 di seluruh partai, dengan kesukaan di kalangan Partai Demokrat turun dari 67 persen pada tahun 2020 menjadi 56 persen pada tahun 2023.

“Sangat penting untuk memahami bahwa tagar di platform dibuat dan ditambahkan ke video oleh pembuat konten, bukan TikTok… Sangat mudah untuk memilih tagar untuk mendukung narasi palsu tentang platform tersebut,” kata TikTok.

Perlu dicatat bahwa di Amerika Serikat, konten tentang perang mungkin tidak sepopuler yang diklaim oleh para politisi. Al Jazeera melaporkan bahwa dalam 30 hari menjelang tanggal 8 November, terdapat sekitar 6.000 postingan dengan 55 juta penayangan dengan tag #standwithisrael, dan 13.000 dengan 37 juta penayangan dengan tag #standwithpalestine; 177.000 postingan dengan total 946 juta penayangan diberi tag #freepalestine. 

Namun, tidak ada satu pun tag yang masuk 100 teratas pada bulan tersebut, di mana aplikasi tersebut didominasi oleh konten Halloween, meme tentang Ohio, dan video berkaitan film baru “Five Nights at Freddy’s”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement