Rabu 15 Nov 2023 11:35 WIB

Khusus Android, Begini Cara Mencegah Penguras Data Seluler di Ponsel Anda

Android versi modern memiliki fitur yang dirancang untuk menghilangkan masalah data.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ponsel Android hadir dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan./ilustrasi
Foto: Dok istimewa
Ponsel Android hadir dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Meskipun paket data tak terbatas bukanlah hal yang aneh, sebagian besar masih mahal. Pengguna Android yang ingin menghemat tagihan telepon bulanan mereka sering kali beralih ke paket data terbatas, yang biasanya lebih murah dan menawarkan sejumlah data seluler berkecepatan tinggi per bulan, seperti 4GB. 

Jika data seluler berkecepatan tinggi tersebut habis sebelum siklus penagihan berakhir, kemungkinan besar data tersebut tidak akan terputus. Sebaliknya, banyak operator yang membatasi kecepatan data secara drastis, sehingga mengakibatkan pengunduhan menjadi sangat lambat. 

Baca Juga

Dilansir Slashgear, Rabu (15/11/2023), merupakan hal yang umum untuk memprioritaskan penjatahan data berkecepatan tinggi pada saat jaringan Wi-Fi tidak tersedia dan streaming musik dan menonton video secara tidak sengaja saat terhubung ke 4G LTE atau 5G juga merupakan hal yang umum, sehingga mengakibatkan data berkecepatan tinggi selama satu bulan habis dalam hitungan jam. 

Kabar baiknya adalah Android versi modern memiliki fitur yang dirancang untuk menghilangkan masalah ini. Namun Anda harus menyalakannya secara manual sebelum dapat melindungi Anda dari terkurasnya semua data seluler Anda secara tidak sengaja.

Cara mengatur batas maksimal data di Android 

Android hadir dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan. Ada menu penggunaan data seluler, misalnya, yang menunjukkan berapa banyak data yang telah Anda gunakan selama siklus penagihan saat ini, serta rincian aplikasi mana yang menggunakan data tersebut. 

Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lihat, Anda dapat mengambil langkah untuk mengurangi penggunaan data tersebut. Metode berbelit-belit ini melibatkan pembatasan penggunaan data latar belakang aplikasi secara manual untuk masing-masing aplikasi.

Namun, jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu menelusuri menu, ada opsi yang lebih mudah. Yaitu, menetapkan batas data maksimum. Perlu diperhatikan bahwa nama menu dan lokasi pastinya bervariasi antar model ponsel, bergantung pada prosedurnya. 

Pertama, buka Pengaturan. 

Kedua, ketuk Data Seluler. 

Ketiga, ketuk Penggunaan Data. 

Keempat, ketuk “Siklus penagihan dan peringatan data”. 

Kelima, ketuk tombol pengalih di samping “Tetapkan batas data” untuk mengaktifkan fitur tersebut. 

Keenam, ketuk Batas Data. 

Ketujuh, ketik batas data yang ingin Anda atur. Misalnya, ketik 1 untuk menetapkan batas data 1GB. 

Kedelapan, ketuk Ok. 

Batasan yang harus Anda tetapkan bergantung pada seberapa banyak data berkecepatan tinggi yang Anda peroleh per bulan dan seberapa banyak Anda ingin menyimpannya sebagai cadangan untuk keadaan darurat. Misalnya, jika Anda mendapatkan total data seluler berkecepatan tinggi sebesar 6 GB per bulan, Anda dapat menetapkan batas data sebesar 2 GB. 

Setelah batas tercapai, ponsel akan berhenti menggunakan data seluler. Ini akan mencegah Anda menguras semua data jika Anda secara tidak sengaja mengonsumsi konten saat tersambung ke jaringan seluler, bukan Wi-Fi. Anda dapat meningkatkan batas secara manual setelah mencapai batas awal. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement