Senin 13 Nov 2023 04:26 WIB

WhatsApp Siapkan Fitur Baru Cari Chat Berdasarkan Tanggal

Logo Kalender baru muncul di bilah pencarian WhatsApp.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 WhatsApp sedang mengerjakan fitur cari pesan berdasarkan tanggal untuk aplikasi versi Android.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp sedang mengerjakan fitur cari pesan berdasarkan tanggal untuk aplikasi versi Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  WhatsApp sedang mengerjakan fitur 'cari pesan berdasarkan tanggal' untuk aplikasi versi Android. WABetaInfo melihat fitur tersebut di WhatsApp Android beta v2.23.24.16 yang sekarang tersedia di Google Play. Fitur tersebut sedang dalam pengembangan dan tidak tersedia untuk penguji beta.

Fitur ini memungkinkan pengguna mempercepat pencarian mereka ketika mencari pesan tertentu dalam percakapan. Situs web tersebut membagikan tangkapan layar fitur pencarian pesan WhatsApp berdasarkan tanggal untuk menunjukkan cara kerjanya.

Baca Juga

Menurut tangkapan layar, dikutip dari Neowin.net, logo Kalender baru muncul di bilah pencarian di bagian atas layar saat pengguna membuka fitur Pencarian di utas obrolan. Pengguna dapat mengetuknya untuk menampilkan antarmuka kalender untuk memilih tanggal yang diinginkan untuk memfilter pesan.

Pencarian pesan berdasarkan tanggal sudah tersedia di versi stabil WhatsApp untuk iOS. Baru-baru ini tersedia untuk penguji tertentu yang menggunakan WhatsApp Web versi beta. Untuk menggunakannya di iPhone, buka utas percakapan > ketuk chat head > Pencarian. Selanjutnya, Anda akan menemukan ikon kalender di pojok kanan bawah layar.

Fitur ini tersedia untuk obrolan individu serta percakapan grup di iOS, dan memungkinkan pennguna kembali ke tanggal waktu tertentu. Namun salah satu batasannya adalah pengguna tidak dapat memilih rentang hari saat memfilter pesan dalam percakapan WhatsApp.

WhatsApp telah menguji sejumlah fitur dalam beberapa bulan terakhir, termasuk fungsi memutar ulang dan meneruskan video, mengirim SMS ke nomor tak dikenal, pesan suara lihat sekali, antarmuka pengguna yang diperbarui, dan bilah balasan baru.

Pada versi stabil aplikasinya, perusahaan milik Meta telah menambahkan kemampuan untuk menggunakan banyak akun, video HD, foto HD, berbagi layar selama panggilan video, pesan video instan, dan banyak lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement