Jumat 10 Nov 2023 09:35 WIB

WhatsApp Perkenalkan Fitur Privasi Baru, Begini Cara Kerjanya

Pengguna bisa menyembunyikan alamat IP saat panggilan WhatsApp.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp telah meluncurkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP mereka saat melakukan panggilan melalui aplikasi perpesanan terenkripsi.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp telah meluncurkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP mereka saat melakukan panggilan melalui aplikasi perpesanan terenkripsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— WhatsApp telah meluncurkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP mereka saat melakukan panggilan melalui aplikasi perpesanan terenkripsi. 

Sebelumnya, panggilan one-to-one di WhatsApp dibuat sebagai koneksi peer-to-peer langsung antar pengguna. Meskipun metode ini memastikan kualitas suara yang optimal, ini juga berarti bahwa perangkat yang terhubung harus saling mengekspos alamat IP mereka. 

Baca Juga

Dilansir Gizmochina, Jumat (10/11/2023), untuk mengatasi masalah privasi ini, WhatsApp telah menerapkan pendekatan baru yang merutekan semua panggilan melalui servernya, sehingga secara efektif menyembunyikan alamat IP pengguna dan mengaburkan lokasi mereka. 

Meskipun ada proses penyampaian ini, semua panggilan tetap terenkripsi secara end-to-end, memastikan bahwa tidak ada seorang pun, termasuk WhatsApp sendiri, yang dapat menguping percakapan tersebut. 

WhatsApp mengakui bahwa penggunaan pengaturan privasi relai panggilan mungkin sedikit mengurangi kualitas panggilan. Namun jika privasi adalah prioritas, pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti langkah-langkah: 

Pertama, perbarui ke WhatsApp versi terbaru. 

Kedua, buka WhatsApp versi terbaru. 

Ketiga, buka WhatsApp dan ketuk Pengaturan. Keempat, pilih Privasi. 

Kelima, ketuk Lanjutan. Keenam, aktifkan sakelar di sebelah Lindungi alamat IP dalam panggilan. 

Penting untuk dicatat bahwa panggilan grup di WhatsApp secara otomatis diteruskan melalui server perusahaan secara default, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mengaktifkan pengaturan ini khusus percakapan grup. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement