Selasa 07 Nov 2023 13:09 WIB

Sulit Dapat Kerja? Coba Cek 6 Kesalahan Menulis Profil Linkedin Ini

Banyak dari kita membuat kesalahan besar pada profil LinkedIn tanpa menyadarinya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menurut statistik LinkedIn, lima juta perekrut secara aktif menggunakan LinkedIn untuk mencari bakat, dan delapan orang dipekerjakan melalui LinkedIn setiap menitnya.
Foto: EPA
Menurut statistik LinkedIn, lima juta perekrut secara aktif menggunakan LinkedIn untuk mencari bakat, dan delapan orang dipekerjakan melalui LinkedIn setiap menitnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anda masih kesulitan mencari kerja, padahal sudah membuat profil LinkedIn semenarik mungkin. Maka perlu dicari tahu, kemungkinan ada kesalahan kecil yang menghalangi calon perekrut menawari pekerjaan.

“Banyak dari kita membuat kesalahan besar pada profil LinkedIn tanpa menyadarinya,” kata pakar pencarian kerja yang juga Managing Director di perekrut Michael Page & Page Personnel South Regions, Rachel Campbell, melansir dari Daily Mail, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga

Menurut statistik LinkedIn, lima juta perekrut secara aktif menggunakan LinkedIn untuk mencari bakat, dan delapan orang dipekerjakan melalui LinkedIn setiap menitnya. Artinya, meninggalkan profil yang berdebu dan terabaikan dapat menghilangkan peluang yang ada. “Bahkan jika kita tidak aktif mencari, tapi selalu memperbarui profil, itu adalah praktik yang baik. Karena kita tidak pernah tahu kapan peran impian kita sudah dekat,” ujar Campbell.

Ia mengatakan bahwa LinkedIn cenderung mendapat peringkat sangat tinggi dalam hasil pencarian. Sehingga sering kali hal pertama yang dilihat perekrut adalah ketika mereka mencari nama seseorang di Google.

Para perekrut semakin mencari profil untuk menemukan talenta yang tepat, dengan visibilitas yang semakin penting di pasar kerja saat ini. “Pada akhirnya, semakin baik profil kita, semakin besar kredibilitas yang kita miliki di jaringan kita, sehingga membuka lebih banyak peluang,” kata Campbell.

 

1. Jangan menyebut diri Anda sebagai orang ketiga

Anda tidak boleh menyebut diri Anda sebagai orang ketiga di profil LinkedIn (misalnya, 'Rob yang melakukannya', bukan 'Saya yang melakukannya'). Sangat mengejutkan bahwa ada orang yang melakukan hal ini, dan itu akan langsung membuat perekrut putus asa.

Campbell mengatakan bahwa menyebut diri Anda sebagai orang ketiga terasa dibuat-buat, serta akan menyebabkan perekrut mencari orang lain. “Kita tidak akan membicarakan diri kita sebagai orang ketiga dalam kehidupan apa pun, jadi jangan lakukan itu di LinkedIn juga,” tutur dia.

 

2. Jangan menulis terlalu banyak di bagian ‘Tentang Anda’

Dua baris pertama pada bagian 'Tentang', yang muncul di atas bagian 'Aktivitas' dan 'Keterampilan' sangatlah penting. Dan itu berarti Anda tidak boleh menulis terlalu banyak, karena akan terpotong.

Campbell mengatakan bahwa bagian ‘Tentang’ cenderung menjadi hal pertama yang dilihat perekrut, jadi Anda harus memastikan bahwa bagian tersebut berisi informasi yang jelas dan menarik tentang siapa Anda dan mengapa seseorang mungkin ingin mempekerjakan Anda.

Misalnya, gambarkan diri Anda sebagai 'penjual profesional yang antusias dengan daftar panjang klien yang puas dan ambisi untuk pergi ke mana pun', daripada hanya memikirkan daftar panjang keterampilan dan prestasi. Deskripsi Anda harus sederhana, jelas, dan langsung tepat sasaran.

 

3. Jangan menempatkan keterampilan untuk pekerjaan Anda saat ini

Sama seperti pepatah lama, 'berpakaianlah untuk pekerjaan yang Anda inginkan, bukan pekerjaan yang Anda miliki'. “Anda harus menonjolkan keterampilan untuk pekerjaan yang Anda inginkan, bukan keterampilan yang Anda gunakan saat ini,” kata Campbell.

Jadi keterampilan yang Anda soroti di profil Anda mungkin tidak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan Anda saat ini. Karena ini dapat meningkatkan visibilitas Anda dalam hal kata kunci yang mungkin dicari oleh perekrut.

“Jika ada peran yang Anda tuju, atau industri yang ingin Anda masuki, profil Anda harus mencerminkan hal tersebut. Pastikan untuk memasukkan kata kunci yang disesuaikan dan soroti keterampilan yang dapat ditransfer ke peran yang Anda inginkan,” kata Campbell.

 

4. Jangan menyembunyikan kesenjangan dalam pekerjaan Anda

Mencoba menyembunyikan kesenjangan dalam pekerjaan Anda hampir selalu akan menjadi bumerang. “Kejujuran adalah kebijakan terbaik,” kata Campbell.

Sebaliknya, Anda harus menyoroti apa yang Anda pelajari selama periode ini. Seringkali para pencari kerja berusaha menghindari pembicaraan tentang kekosongan dalam CV mereka, yang dapat menimbulkan kecurigaan dalam wawancara.

LinkedIn sekarang memiliki opsi untuk menambahkan jeda karir ke bagian pengalaman kerja Anda, menggarisbawahi tren penerimaan pemberi kerja terkini bahwa keterampilan dan pengetahuan yang sangat berharga dapat diperoleh selama periode itu.

 

5. Pastikan Anda memiliki foto dan gambar latar belakang yang bagus

Gambar wajah dan latar belakang yang bagus membantu ‘menjual’ profil Anda kepada perekrut. Jika Anda berupaya dengan profil LinkedIn Anda, itu mencerminkan kesediaan untuk bekerja dan belajar. Banyak pengguna yang masih lupa mengunggah foto bagus di LinkedIn. 

“Dengan 'gambar yang bagus', foto gaya korporat lebih ideal, daripada selfie yang menyeringai. Anda harus memproyeksikan diri Anda di tempat kerja, jadi mintalah orang lain untuk mengambil fotonya jika perlu,” papar Campbell.

Perekrut dan pemberi kerja suka menampilkan sebuah nama, jadi menyertakan foto wajah yang masuk akal akan sangat bermanfaat karena dapat menjadi jendela pertama bagi mereka untuk melihat Anda sebagai pribadi dan kandidat. Dengan itu, kemungkinan seseorang akan menerima permintaan koneksi, atau ingin berbagi peluang dengan Anda akan sangat meningkat.

 

6. Pikirkan baik-baik sebelum mengubah profil Anda

“Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi bagi mereka yang ingin berganti pekerjaan, mengiklankan kesediaan untuk berhenti dapat menyebabkan perselisihan yang tidak diinginkan dengan perusahaan yang ada saat ini,” papar Campbell.

Ingatlah untuk memperbarui pengaturan privasi Anda dengan mengklik gambar profil Anda di sudut kanan atas layar, untuk memastikan bahwa Anda tidak berbagi lebih dari yang Anda inginkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement