Senin 06 Nov 2023 15:52 WIB

Tertarik Lihat Langsung Stasiun Luar Angkasa? Coba Pakai Aplikasi NASA Ini

Spot the Station adalah aplikasi seluler yang dikembangkan oleh NASA.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
NASA meluncurkan aplikasi seluler baru bernama Spot the Station yang memungkinkan pengguna melacak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Bumi./ilustrasi
Foto: AP Photo/Sergei Korsakov, Roscosmos State Spa
NASA meluncurkan aplikasi seluler baru bernama Spot the Station yang memungkinkan pengguna melacak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Bumi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini meluncurkan aplikasi seluler baru bernama “Spot the Station” yang memungkinkan pengguna melacak Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Bumi. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna menemukan ISS kapan saja dan menampilkan lokasinya di peta. Aplikasi “Spot The Station” yang baru dapat diunduh secara gratis di iOS dan Android.

Apa itu aplikasi “Spot the Station”?

Baca Juga

Spot the Station adalah aplikasi seluler yang dikembangkan oleh NASA yang memungkinkan pengguna melacak lokasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Bumi. Aplikasi ini tersedia gratis di perangkat iOS dan Android. Ini membantu pengguna menemukan ISS dan menampilkan lokasinya di peta.

Bagaimana cara kerjanya? Dilansir dari Gizchina, Senin (6/11/2023), Spot The Station menggunakan data dari Mission Control di Johnson Space Center NASA di Houston, TX untuk menghitung peluang penampakan di lebih dari 6.700 lokasi di seluruh dunia. Aplikasi ini memberi pengguna daftar peluang penampakan stasiun luar angkasa yang akan datang untuk lokasi mereka. Jika di kota tertentu pengguna tidak tersedia, mereka dapat memilih kota yang cukup dekat dengan mereka.

Aplikasi ini juga menyertakan peta pelacakan stasiun ruang angkasa langsung yang menunjukkan lokasi ISS saat ini dan jalurnya 90 menit yang lalu dan 90 menit ke depan. Tampilan gelap pada peta menunjukkan bahwa dunia sedang malam hari. Pelacak menunjukkan lokasi stasiun luar angkasa saat ini dan jalurnya 90 menit yang lalu (-1,5 jam) dan 90 menit ke depan (+1,5 jam).

Fitur Spot The Station

Peninjauan stasiun: Aplikasi ini memberi pengguna daftar peluang peninjauan stasiun luar angkasa yang akan datang untuk lokasi mereka.

Peta Pelacakan Langsung: Aplikasi ini menyertakan peta pelacakan stasiun ruang angkasa langsung yang menunjukkan lokasi ISS saat ini dan jalurnya 90 menit yang lalu dan 90 menit ke depan.

Notifikasi: Pengguna dapat mengatur alarm agar tepat waktu untuk melihat ISS.

Kompas dan Alat: Kompas dan alat bawaan memungkinkan pengguna menemukan ISS dengan mudah.

Tanpa Iklan: Aplikasi ini tidak memiliki iklan dan fungsionalitas 100 persen dalam versi gratis.

Tak ayal, aplikasi ini memungkinkan pengguna melacak lokasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Bumi. Aplikasi ini menawarkan fitur lengkap untuk panduan pengguna. Fiturnya mencakup peta pelacakan stasiun ruang angkasa langsung.

Pengguna dapat mengatur alarm agar tepat waktu melihat ISS. Selain itu, kompas dan alat bawaannya memungkinkan pengguna menemukan ISS dengan mudah. Aplikasi ini tersedia gratis di perangkat iOS dan Android.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement