Ahad 05 Nov 2023 16:13 WIB

Samsung Siapkan Pembaruan untuk Ponsel Galaxy, Jadi Mirip iPhone?

Samsung siapkan pembaruan termutakhir untuk meningkatkan keamanan ponsel Galaxy.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pembaruan Samsung akan membuat Galaxy mirip seperti iPhone, yang tidak dapat melakukan sideloading aplikasi dan hanya dapat mengunduh aplikasi dari App Store resmi.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Pembaruan Samsung akan membuat Galaxy mirip seperti iPhone, yang tidak dapat melakukan sideloading aplikasi dan hanya dapat mengunduh aplikasi dari App Store resmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ponsel Samsung Galaxy termasuk yang paling populer di dunia dan tentu ada alasan kuat untuk itu. Model terbaik mereka memiliki kamera yang luar biasa, desain yang apik, masa pakai baterai yang baik, dan dukungan perangkat lunak yang awet.

Namun, pembaruan terakhir akan segera hadir yang juga akan meningkatkan keamanan ponsel Galaxy. Berbeda dengan iPhone, ponsel Android (termasuk ponsel Samsung Galaxy) dapat mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak sah. Ini dikenal sebagai sideloading, dan bisa berguna jika pengguna ingin memasang aplikasi yang tidak terdaftar di toko aplikasi Android resmi, Google Play Store.

Baca Juga

Tetapi terkadang pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak sah, yang disebut sideloading, bisa berisiko. Meskipun sebagian besar aman, terkadang aplikasi ini dapat berisi perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk menginfeksi ponsel dan memasang penipuan phishing serta program jahat lainnya.

Dengan software terbaru Samsung One UI 6, Android menghadirkan fitur baru bernama Auto Blocker. Ini adalah fitur keamanan keikutsertaan yang menghentikan pengguna untuk melakukan sideloading aplikasi, membatasi pengguna ke Google Play Store atau Samsung Galaxy Store. 

Saat diaktifkan, Pemblokir Otomatis akan memberi ketenangan pikiran bahwa pengguna hanya dapat mengunduh aplikasi yang aman dari Google atau toko aplikasi terverifikasi Samsung. Ini akan membuat Galaxy mirip seperti iPhone, yang tidak dapat melakukan sideloading aplikasi dan hanya dapat mengunduh aplikasi dari App Store resmi.

Jika pengguna mengaktifkan Pemblokir Otomatis tetapi menemukan aplikasi yang ingin sideloading, maka tidak masalah. Cukup menonaktifkan fitur tersebut di pengaturan, menginstal aplikasi, lalu mengaktifkan kembali Pemblokir Otomatis.

One UI 6 adalah pembaruan perangkat lunak terbaru Samsung untuk ponsel Galaxy dan berbasis Android 14, versi terbaru Android. Ini memberikan sentuhan baru pada tampilan ponsel dengan kemampuan untuk menyesuaikan lebih banyak font, wallpaper dan warna sistem, serta fitur keamanan praktis seperti Pemblokir Otomatis.

One UI 6 juga memiliki fitur bernama Message Guard yang memindai tautan yang dikirimkan kepada pengguna di Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp, untuk melindungi pengguna dari tautan ke sumber jahat. Samsung telah meluncurkan One UI 6 ke seri Galaxy S23-nya, dan pasti akan hadir di ponsel berikut ini dalam waktu dekat di antaranya:

• Seri Galaxy S21-23 

• Galaxy Z Fold 3-5 

• Galaxy Z Flip 3-5  

• Galaxy A53-54 

• Galaxy M53-54 

Samsung mengatakan fitur Pemblokir Otomatis saat ini tidak akan berfungsi pada model ponsel Galaxy operator Amerika Serikat, yaitu ponsel mana pun yang terikat kontrak dengan jaringan seluler Amerika Serikat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement