Selasa 31 Oct 2023 20:36 WIB

Deretan Mac Terbaru Apple di Scary Fast

Apple mengungkap beberapa Mac baru yang dilengkapi dengan chip internal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ajang Scary Fast, Apple mengungkap beberapa Mac baru yang dilengkapi dengan chip internal perusahaan versi terbaru.
Foto: dok Apple
Saat ajang Scary Fast, Apple mengungkap beberapa Mac baru yang dilengkapi dengan chip internal perusahaan versi terbaru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ajang “Scary Fast” Apple telah berakhir. Selama acara peluncuran, Apple mengungkap beberapa Mac baru yang dilengkapi dengan chip internal perusahaan versi terbaru. 

Berikut beberapa rangkuman pengumuman penting dari acara tersebut. 

Baca Juga

Jajaran chip M3 yang lebih kuat

Dilansir The Verge, Selasa (31/10/2023), seperti yang diharapkan, chip M3 Apple menjadi sorotan selama acara bulan ini. Jajaran baru ini mencakup chip M3, M3 Pro, dan M3 Max, yang menurut Apple menandai “chip komputer pribadi pertama” yang dibuat menggunakan proses 3 nanometer yang lebih efisien. 

Selain menawarkan “CPU yang lebih cepat dan efisien” ketiga chip ini hadir dengan GPU yang diperbarui yang mendukung ray tracing, mesh shading, dan Dynamic Caching — sebuah fitur yang mengoptimalkan jumlah memori yang digunakan perangkat selama menjalankan tugas. 

Chip M3 Apple menawarkan memori terpadu hingga 128 GB dengan chip M3 Max paling kuat yang hadir dengan hingga 92 miliar transistor, 40-core GPU dan  16-core CPU. 

 

iMac 24 inci yang diperbarui dengan chip M3 

iMac 24 inci baru mendapatkan peningkatan rasa M3 yang menurut Apple menawarkan kinerja dua kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya yang dilengkapi M1. Bersamaan dengan chip baru, iMac yang diperbarui dilengkapi layar Retina 4,5K dengan lebih dari 1 miliar warna, dukungan Wi-Fi 6E, dan webcam 1080p. 

iMac juga menawarkan memori terpadu hingga 24GB dan hadir dalam tujuh warna. Yaitu, hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan perak. Ada juga aksesoris dengan warna serasi yang disertakan dengan iMac, namun tetap dilengkapi konektor Lightning. 

iMac 24 inci dibanderol dengan harga 1.299 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 20,6 juta dengan 8-core CPU atau 1.499 dolar AS atau Rp 23,8 juta dengan 10-core chip. Anda dapat melakukan prapesan mulai Selasa (31/10/2023), dengan ketersediaan mulai 7 November. 

 

MacBook Pro 14 dan 16 inci mendapatkan peningkatan besar pada kekuatan M3

iMac bukan satu-satunya perangkat yang mendapatkan peningkatan yang didukung M3. Apple juga mengumumkan sepasang model MacBook Pro 14 dan 16 inci baru yang dilengkapi dengan chip M3 Pro atau M3 Max kelas atas.

Kedua laptop ini memiliki layar Mini LED, kamera 1080p, sistem suara enam speaker, masa pakai baterai 22 jam, dan RAM hingga 128 GB. Mereka juga tersedia dalam warna space black dengan lapisan baru yang diharapkan membantu mengurangi sidik jari serta opsi silver.

Sementara MacBook Pro 14 inci dengan chip M3 Pro mulai dari 1.999 dolar AS atau sekitar Rp 31,7 juta, model M3 Pro 16 inci mulai dari 2.499 dolar AS atau sekitar Rp 39,7 juta. Model MacBook Pro ini tersedia untuk prapesan Selasa (31/10/2023) dan akan tersedia pada 7 November.

 

MacBook Pro entry-level menghilangkan Touch Bar

Bersamaan dengan model MacBook Pro yang dilengkapi M3 Pro dan M3 Max, Apple merilis MacBook Pro 14 inci yang lebih murah yang dilengkapi dengan chip dasar M3 dan harganya mulai dari 1.599 dolar AS atau Rp 25,4 juta. Perangkat tersebut menggantikan Macbook Pro 13 inci dengan chip M2 yang dirilis Apple tahun lalu dan menawarkan kinerja hingga 60 persen lebih cepat. 

Model Touch Bar sedang dihentikan, yang berarti semua kunci fisik mulai saat ini. Namun ada beberapa kelemahan pada model entry-level ini. Yakni, model ini memiliki RAM 8 GB yang Kecil dan hanya hadir dalam variasi silver dan space grey, sedangkan warna hitam eksklusif untuk MacBook Pro kelas atas. Perangkat ini tersedia untuk prapesan Selasa (31/10/2023) dan resmi diluncurkan pada 7 November.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement