Rabu 25 Oct 2023 18:55 WIB

Apakah Jabodetabek Sudah Masuk Musim Hujan? Ini Penjelasan BMKG

Sebagian besar wilayah Jabodetabek akan memasuki awal musim hujan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
BMKG memberikan penjelasan bahwa sebagian wilayah di Jabodetabek sudah mulai beralih ke musim hujan, namun sebagian lagi belum./ilustrasi
Foto: Antara/Arnas Padda
BMKG memberikan penjelasan bahwa sebagian wilayah di Jabodetabek sudah mulai beralih ke musim hujan, namun sebagian lagi belum./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim hujan terus dinantikan kedatangannya oleh masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hari ini, Rabu (25/10/2023), beberapa wilayah Jabodetabek memang sudah diguyur hujan. 

Namun, apakah Jabodetabek sudah resmi memasuki transisi ke musim hujan? Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan bahwa sebagian wilayah di Jabodetabek sudah mulai beralih ke musim hujan, namun sebagian lagi belum.

Baca Juga

Saat ini, wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor disebut BMKG sudah memasuki masa transisi ke musim hujan. Sedangkan, untuk wilayah DKI Jakarta, baru akan memasuki masa transisi pada Oktober Dasarian ke-III. Dasarian merupakan satuan waktu meteorologi, yang lamanya 10 hari. 

Artinya, DKI Jakarta akan mulai mengalami musim hujan pada 10 hari terakhir di bulan Oktober 2023. "Secara umum, sebagian besar wilayah Jabodetabek akan memasuki awal musim hujan pada November Dasarian I dan II 2023," ujar prakirawan BMKG kepada Republika.co.id, Rabu (25/10/2023). 

Menurut prakiraan cuaca BMKG, hari ini Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan diguyur hujan ringan pada siang hari. Cuaca pada area lainnya di DKI Jakarta masih diperkirakan berawan dan cerah berawan pada siang hari, malam hari, hingga dini hari keesokan harinya.

Di Kota Tangerang, hujan ringan diperkirakan akan mengguyur di siang hari. Sementara, warga Bekasi disarankan membawa payung sebab di siang hari sebagian area Bekasi diprediksi akan mengalami hujan petir. Berlanjut dengan hujan ringan di malam hari.

Sementara, di Depok, sebagian wilayah akan mengalami hujan ringan di siang maupun malam hari. Begitu juga di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, yang beberapa daerahnya akan diguyur hujan ringan, mulai dari siang hingga malam hari. Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca di seluruh Indonesia bisa dicek di situs resmi atau aplikasi BMKG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement