Rabu 18 Oct 2023 14:47 WIB

Google Sediakan Dark Web Gratis, Begini Cara Pakainya

Laporan Dark Web kini tersedia secara gratis bagi pengguna Google.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika Anda tidak melihat opsi Dark Web dalam aplikasi Google, Anda dapat mengunjungi www.one.google.com, masuk dengan akun Anda, dan mengaktifkan opsi Dark Web untuk akun Anda.
Foto: TechWorld
Jika Anda tidak melihat opsi Dark Web dalam aplikasi Google, Anda dapat mengunjungi www.one.google.com, masuk dengan akun Anda, dan mengaktifkan opsi Dark Web untuk akun Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laporan Dark Web kini tersedia secara gratis bagi pengguna Google untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan ke akun mereka. Awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan berbayar Google One. Dark Web, yang merupakan bagian dari internet yang tidak diindeks oleh mesin pencari dan memerlukan browser anonim Tor, sering digunakan untuk aktivitas kriminal.

Apa Itu Fitur Laporan Dark Web?

Baca Juga

Laporan Dark Web adalah fitur yang melakukan pemindaian Dark Web untuk mencari potensi kebocoran dan pelanggaran data terkait dengan akun pengguna, seperti alamat email dan kata sandi yang mungkin bocor secara daring.

Tujuannya adalah memberikan pengguna Google (seperti Gmail, Android, dan produk Google lainnya) wawasan tentang informasi yang mungkin didapatkan oleh peretas tentang mereka di Dark Web. Informasi yang ditemukan mungkin mencakup nama, alamat, nomor telepon, surel, Nomor Jaminan Sosial (SSN), nama belakang, dan kata sandi.

Fitur ini akan memberikan laporan dasar tentang kebocoran data, tetapi beberapa fitur khusus hanya tersedia untuk pengguna berbayar, termasuk pemantauan Dark Web yang berkelanjutan, hasil selain alamat email, dan pemberitahuan tentang hasil baru.

Langkah-langkah untuk Menjalankan Pemindaian Dark Web untuk Akun Google Anda:

1. Unduh dan instal aplikasi Google versi terbaru.

2. Ketuk ikon profil dan pilih opsi "Laporan Dark Web."

3. Di halaman berikutnya, ketuk tombol "Jalankan Pemindaian."

4. Tunggu hingga proses pemindaian selesai, lalu periksa hasilnya.

Jika Anda menemukan pelanggaran pada akun Anda, Google juga memberikan rekomendasi langkah yang perlu diambil untuk mengamankan akun. Jika Anda tidak melihat opsi Dark Web dalam aplikasi Google, Anda dapat mengunjungi www.one.google.com, masuk dengan akun Anda, dan mengaktifkan opsi Dark Web untuk akun Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement