Kamis 12 Oct 2023 13:35 WIB

Yuk Dicoba, Ini 5 Alasan Jejaring Sosial Bluesky Menarik untuk Dilirik

Banyak warganet yang mulai beralih ke beberapa jejaring sosial lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun Bluesky gratis, menggunakannya merupakan sebuah tantangan karena harus ada kode undangan khusus dari orang yang sudah memakainya terlebih dahulu.
Foto: 9to5mac
Meskipun Bluesky gratis, menggunakannya merupakan sebuah tantangan karena harus ada kode undangan khusus dari orang yang sudah memakainya terlebih dahulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah kekacauan yang sedang berlangsung di Twitter (sekarang dikenal sebagai X), banyak warganet yang mulai beralih ke beberapa jejaring sosial lain. Salah satunya adalah Bluesky Social, yang digagas oleh salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter Jack Dorsey pada 2019.

Bluesky terlihat dan berfungsi seperti Twitter, tetapi tak punya masalah seperti yang dibawa pemilik Twitter saat ini, Elon Musk. Jejaring sosial ini diketahui tidak memiliki beberapa opsi lanjutan yang ditawarkan oleh Twitter (misalnya, fitur pesan langsung). 

Baca Juga

Ditambah lagi, populasi penggunanya masih sedikit dibandingkan platform serupa. Meskipun Bluesky gratis, menggunakannya merupakan sebuah tantangan karena harus ada kode undangan khusus dari orang yang sudah memakainya terlebih dahulu.

Tetap saja, Bluesky punya beberapa keuntungan, seperti antarmuka yang bersih dan mudah digunakan serta berbagai fitur dasar yang penting di jejaring sosial. Jika seseorang berhasil mendapatkan kode undangan, berikut lima alasan Bluesky menarik untuk digunakan, dikutip dari laman ZDNET, Kamis (12/10/2023).

 

1. Ada opsi aplikasi dan website

Bluesky dapat diakses sebagai aplikasi seluler maupun situs web, sehingga pengguna dapat membaca dan menulis postingan melalui PC atau perangkat seluler. Situs web Bluesky dirancang dengan baik, dengan akses cepat ke feed, opsi pencarian, notifikasi, dan profil. 

Dirancang untuk iOS dan Android, aplikasi seluler Bluesky juga memiliki kemampuan yang sama, dengan semua fitur dan opsi utamanya lancar dan mudah diakses. Di aplikasi seluler, pengguna bahkan dapat menggeser ke kanan untuk menampilkan menu yang sama dengan yang muncul di situs web. 

 

2. Pencarian komprehensif

Alat pencarian di Bluesky dapat menemukan akun dan postingan secara komprehensif. Di aplikasi atau situs web Bluesky, pilih opsi "Pencarian" dan ketikkan istilah pencarian.  Dari hasilnya, dapat beralih antara postingan dan pengguna, bergantung pada yang ingin dilihat.

 

3. Pemfilteran konten yang mudah

Sebagian pengguna media sosial terkadang merasa tidak ingin melihat jenis konten tertentu. Pemfilteran konten ini cukup mudah dilakukan di Bluesky, baik di situs web maupun di aplikasi. Namun, versi situs web memberi kontrol lebih besar untuk melakukan perubahan.

Untuk website, pilih kategori Moderasi. Di aplikasi, geser ke kanan lalu pilih Moderasi. Pilih "Pemfilteran Konten", lalu pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan, memperingatkan, atau menampilkan gambar atau ketelanjangan seksual eksplisit, konten yang menjurus ke arah seksual, konten kekerasan, gambar kelompok kebencian, spam, dan akun yang meniru identitas.

 

4. Mengendalikan feed

Untuk membantu pengguna melihat akun yang diikuti dan menemukan akun baru, Bluesky menyediakan tiga feed berbeda, yaitu "Mengikuti", "Temukan", dan "Populer di Teman".  Seperti namanya, feed "Mengikuti" hanya menampilkan postingan dari akun yang diikuti. 

Feed "Temukan" menampilkan postingan terbaru dan topikal, sedangkan feed "Populer di Teman" menampilkan postingan yang populer di antara akun yang diikuti. Pengguna juga fapat menemukan feed lain, kemudian menyematkannya ke halaman feed utama.

 

5. Domain khusus

Secara default, pengguna Bluesky memakai nama domain bsky.social, misalnya lancewhit.bsky.social. Jika seseorang sudah memiliki nama domain, itu dapat digunakan. Dengan beralih ke nama domain sendiri, pengguna dapat menyesuaikan dan memverifikasi identitas Anda di Bluesky dan mengikatnya ke situs web yang sudah ada.

Bagi yang tidak memiliki domain, bisa melakukan pembelian melalui Bluesky dengan kemitraan perusahaan dengan Namecheap. Menyiapkan nama domain dengan cara ini menawarkan beberapa manfaat, termasuk peningkatan privasi di direktori WHOIS, penerusan URL, dan penerusan email. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement