Kamis 02 Mar 2023 19:39 WIB

Alternatif Twitter, Bluesky Sudah Tersedia dalam Versi Beta

Alternatif Twitter baru, Bluesky, kini tersedia dalam versi beta di App Store.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Alternatif Twitter baru buatan pencipta Twitter Jack Dorsey, Bluesky, kini tersedia dalam versi beta di App Store.
Foto: 9to5mac
Alternatif Twitter baru buatan pencipta Twitter Jack Dorsey, Bluesky, kini tersedia dalam versi beta di App Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alternatif Twitter baru buatan pencipta Twitter Jack Dorsey, Bluesky, kini tersedia dalam versi beta di App Store. Aplikasi tersebut akan segera bergabung dengan pesaing Twitter, termasuk Mastodon.

Pengguna yang tertarik dapat mengirimkan alamat email mereka untuk bergabung dalam daftar tunggu. Aplikasi Bluesky dilaporkan banyak meminjam fitur dari Twitter.

Baca Juga

Namun, itu termasuk perbedaan kecil seperti "Ada apa?" sebagai pengganti "Apa yang terjadi?" bersama dengan proses pembuatan postingan yang disederhanakan. Ini juga dapat menyertakan foto dengan memilih tombol plus.

Selain itu, aplikasi juga memiliki fitur yang sudah dikenal seperti mencari dan mengikuti pengguna dan melihat posting mereka di Timeline beranda. Bluesky dimulai pada 2019 sebagai proyek sampingan yang didanai Twitter.

Dilansir Engadget, Kamis (2/3/2023), Dorsey yang ikut mendirikan Twitter dan masih menjadi CEO ketika inisiatif dimulai, melihatnya sebagai alternatif yang lebih terbuka dari Twitter yang semakin tersentralisasi. Kemudian Bluesky memisahkan diri sebagai perusahaan pada tahun 2021.

Dorsey percaya media sosial harus bebas dari kendali perusahaan atau pemerintah dan hanya penulis yang memiliki kekuatan untuk menghapus konten media sosial mereka. Selain itu, meskipun dia mengatakan keputusan Twitter untuk melarang mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setelah perannya dalam menghasut pemberontakan 6 Januari adalah keputusan yang tepat, dia juga khawatir tentang presedennya dalam membahayakan internet global yang bebas dan terbuka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement