Rabu 11 Oct 2023 13:47 WIB

Panas Berlebih iPhone 15 Pro Max, Bagaimana Sekarang?

Sistem iOS 17.0.3 dapat memperbaiki masalah overheating tersebut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Panas berlebih atau overheating menjadi salah satu masalah yang cukup umum ditemukan pada seri iPhone 15. Kabar baiknya, masalah ini dapat diatasi dengan memperbarui sistem operasi ke iOS 17.0.3.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Panas berlebih atau overheating menjadi salah satu masalah yang cukup umum ditemukan pada seri iPhone 15. Kabar baiknya, masalah ini dapat diatasi dengan memperbarui sistem operasi ke iOS 17.0.3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Panas berlebih atau overheating menjadi salah satu masalah yang cukup umum ditemukan pada seri iPhone 15. Kabar baiknya, masalah ini dapat diatasi dengan memperbarui sistem operasi ke iOS 17.0.3.

Melalui catatan resmi, Apple menyiratkan adanya masalah yang dapat membuat iPhone menjadi lebih hangat dibandingkan seharusnya. Mereka juga mengungkapkan bahwa iOS 17.0.3 dapat memperbaiki masalah overheating tersebut.

Baca Juga

Laman ZDNET lalu melakukan pengujian riil untuk membuktikan klaim Apple. Pengujian riil ini dilakukan lewat tes pencitraan panas dengan menggunakan kamera thermal. Kamera thermal atau kamera termografi merupakan kamera yang dapat mendeteksi panas dari suatu objek dan menuangkannya menjadi gambar.

Tes ini dilakukan pada dua ponsel, yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Selama pengetesan, tim penguji melakukan pengisian daya pada kedua ponsel tersebut menggunakan kabel charger. Pengisian daya ini dilakukan baik sebelum maupun setelah sistem operasi pada kedua ponsel diperbarui ke iOS 17.0.3. Semua proses ini dilakukan di bawah sorotan kamera thermal.

Seperti diketahui, pengisian daya merupakan salah satu aktivitas yang dapat membuat ponsel seri iPhone 15 menjadi panas. Beberapa aktivitas lain yang juga dapat memicu panas berlebih adalah penggunaan aplikasi kamera dan penggunaan aplikasi yang memakai daya baterai secara intensif.

Sebelum sistem operasi diperbarui, proses pengisian daya membuat suhu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max meningkat secara signifikan. Rekor suhu tertinggi untuk iPhone 15 Pro Max saat diisi dayanya adalah 41,2 derajat Celsius.

Setelah sistem operasi kedua ponsel diperbarui ke iOS 17.0.3, suhu kedua ponsel tampak menurun hingga 15 derajat Celsius. Suhu iPhone Pro Max misalnya, hanya berkisar di angka 34,3 derajat Celsius saat diisi dayanya.

Seperti dilansir Gizchina pada Rabu (11/10/23), Apple juga mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang mungkin menyebabkan masalah panas berlebih pada seri iPhone 15. Salah satu di antaranya adalah aktivitas berlebih ketika sedang menyesuaikan pengaturan pada ponsel tersebut.

Kedua, panas berlebih mungkin terjadi akibat pembaruan-pembaruan aplikasi di dalam ponsel yang bermasalah. Sedangkan yang ketiga, masalah panas berlebih bisa terjadi karena adanya bug dalam iOS 17.

Saat ini, Apple masih bekerja dengan para pengembang aplikasi untuk mendiagnosis potensi masalah performa pada chipset A17 Pro. Terlepas dari itu, para pengguna seri iPhone 15 sangat disarankan untuk segera memperbarui sistem operasi ponsel mereka ke iOS 17.0.3 agar terhindar dari masalah panas berlebih. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement