Jumat 06 Oct 2023 22:27 WIB

Ajang Made by Google, Simak 9 Pengumuman Besar yang Ditunggu

Ada sembilan pengumuman terbesar dalam ajang Made by Google.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google akan mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya.
Foto: Google
Google akan mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Google akan mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya. Ada juga smartwatch generasi kedua (Pixel Watch 2). Melansir GadgetsNow, Jumat (6/10/2023), berikut ini adalah sembilan pengumuman terbesar dalam Made by Google.

1. Google Pixel 8

Baca Juga

Pixel vanilla baru adalah yang lebih kecil dari dua model Pixel 8, menampilkan OLED 6,2 inci, yang disebut Google sebagai “Actua Display”, memiliki resolusi FHD+, kecepatan refresh 120Hz, dan kecerahan hingga 2.000 nits.

Pixel 8 ditenagai oleh silikon khusus Google, Tensor G3, yang dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB/256 GB. Di bagian belakang, terdapat pengaturan kamera ganda yang ditingkatkan (sensor lebar 50MP dan ultrawide 12MP) dengan kamera 10,5MP di bagian depan untuk selfie.

Dengan baterai 4575mAh, Pixel 8 dapat diisi daya dengan kabel 23W dan 18W secara nirkabel. Pixel 8 hadir dengan harga Rs 75.999 (Rp 14,2 juta) untuk opsi penyimpanan 128GB, dan Rs 82.999 (Rp 15,5 juta) untuk opsi penyimpanan 256GB.

 

2. Google Pixel 8 Pro

Pixel 8 Pro memiliki fitur QHD+ OLED 6,72 inci yang lebih besar, atau Google lebih suka menyebutnya “Super Actua Display”, yang memiliki kecepatan refresh dinamis 120Hz dan hingga 2.400 nits kecerahan. Pixel 8 Pro ditenagai oleh chip Tensor G3 yang sama dengan yang ditemukan pada chip yang lebih kecil, meskipun dipasangkan dengan RAM 12 GB.

Pengaturan tiga kamera di bagian belakang telah ditingkatkan untuk mencakup kamera utama 50MP baru, kamera ultrawide 48MP, dan telefoto 48MP lainnya dengan zoom optik 5x. Di bagian depannya juga terdapat kamera 10,5MP.

Pixel 8 Pro menawarkan baterai 5050mAh yang lebih besar dengan dukungan pengisian daya kabel 27W dan nirkabel 23W. Pixel 8 Pro hadir dengan harga Rs 106.999 (Rp 20 juta) untuk satu-satunya varian 128GB di India.

 

3. Google Pixel Watch 2

Jam tangan pintar generasi kedua dari Google ini, terlihat sama, meskipun hadir dengan internal yang diperbarui. Jam tangan ini memiliki layar OLED melingkar 1,2 inci, sensor yang diperbarui, dan prosesor Snapdragon W5+ Gen 1 dengan RAM 2GB.

Jam tangan ini memiliki baterai yang sedikit lebih besar dan mendukung fitur seperti deteksi jatuh, SOS Darurat, ID Medis, dan Pemeriksaan Keamanan. Ini juga dilengkapi dengan Wear OS 4 dan aplikasi Gmail dan Kalender asli. Pixel Watch 2 tersedia dalam warna Polished Silver, Matte Black, dan Champagne Gold.

 

4. Chip Tensor G3

Tensor G3 adalah generasi ketiga silikon internal buatan Google, yang menurut Google merupakan tambahan paling kuat untuk seri ponsel Pixel. Tensor generasi ketiga in meningkatkan kemampuan grafis dan pembelajaran mesin, menawarkan fitur foto dan video baru di ponsel baru. Model pembelajaran mesinnya 10x lebih kompleks, mendukung pemrosesan gambar dan fitur AI pada ponsel baru.

 

5. Fitur AI generatif Pixel 8s

Pixel 8 dan Pixel 8 Pro baru hadir dengan fitur AI yang diperbarui. Asisten Google dapat meringkas teks situs web dan menawarkan perincian halaman dengan poin-poin. Ini dapat menerjemahkan teks ke berbagai bahasa dan membaca konten yang dikonversi dengan lantang. Penyaringan panggilan ditingkatkan, dan Asisten dapat menulis pesan dua kali lebih cepat menggunakan suara.

Ini juga dapat memahami pengguna dengan lebih baik ketika mereka berbicara secara alami dalam berbagai bahasa. Sekilas Google memberikan informasi yang lebih berguna, dan aplikasi Perekam menawarkan ringkasan tingkat tinggi dari konten yang diambil menggunakan AI generatif.

 

6. Magic Editor, Best Take, dan fitur AI Google Foto lainnya

Google telah mengumumkan empat fitur AI baru untuk Google Foto yang akan tersedia secara eksklusif di seri Pixel 8. Ada Pengambilan Terbaik, yang menentukan pengambilan gambar terbaik, lalu Editor Ajaib memanfaatkan AI generatif untuk mengedit video secara ajaib; seseorang dapat menggunakan Magic Audio Eraser untuk menghilangkan semua kebisingan, dan terakhir, peningkatan zoom juga hadir di ponsel Pixel 8.

 

7. Android 14

Android 14 akhirnya dirilis, dan pengguna Pixel akan menjadi orang pertama yang mengaksesnya. Meskipun Pixel 8 akan hadir dengan Android 14 yang sudah diinstal sebelumnya, ponsel lain akan menerimanya sebagai pembaruan melalui udara, mulai hari ini, kecuali Pixel 4a.

Pembaruan berfokus pada penyesuaian, dengan template layar kunci baru, jam, pintasan, dan kemampuan AI generatif untuk penyesuaian wallpaper. Aksesibilitas juga telah ditingkatkan, dengan penskalaan ukuran font non-linier, ubin Pengaturan Cepat untuk ukuran font, opsi pembesaran, dan peningkatan alat bantu dengar dengan pemberitahuan flash. Health Connect telah diperbarui untuk membantu pengguna mengelola aspek privasi aplikasi kesehatan dan kebugaran.

 

8. Bard bergabung dengan Asisten Google

Google telah mengintegrasikan chatbot Bard AI ke dalam Asisten Google untuk memberikan respons yang lebih sadar konteks bagi pengguna seluler. Fitur ini menggabungkan "penalaran generatif" Bard dengan "bantuan yang dipersonalisasi" dari Asisten, dan akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

 

9. Warna dan fitur baru Pixel Buds Pro

Google telah merilis warna earbud Pixel Buds Pro baru untuk melengkapi Pixel 8 dan 8 Pro barunya. Headphone kini hadir dalam warna biru dan porselen. Buds Pro juga mendapatkan fitur-fitur baru, termasuk deteksi percakapan, Bluetooth Super Wideband, peningkatan suara Clear Calling, mode latensi rendah, dan statistik pendengaran untuk kesehatan pendengaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement