Kamis 05 Oct 2023 16:27 WIB

Samsung Luncurkan Dua Tablet Terbaru, Ini Harga dan Speknya

Kedua tablet ini merupakan bagian dari seri FE yang menawarkan alternatif terjangkau.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Samsung baru-baru ini mengeluarkan pengumuman mengejutkan dengan meluncurkan dua tablet terbaru, yaitu Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus.
Foto: Expert Reviews
Samsung baru-baru ini mengeluarkan pengumuman mengejutkan dengan meluncurkan dua tablet terbaru, yaitu Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Samsung baru-baru ini mengeluarkan pengumuman mengejutkan dengan meluncurkan dua tablet terbaru, yaitu Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus. Kedua tablet ini merupakan bagian dari seri FE yang menawarkan alternatif terjangkau untuk perangkat kelas atas, seperti Galaxy Tab S9 Ultra.

Dilansir Expert Reviews pada Kamis (5/10/2023), meskipun terjangkau, Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus menawarkan sejumlah fitur kelas atas yang mengesankan. Salah satu fitur yang paling mencolok adalah peringkat tahan cuaca IP68 sama dengan tablet non-FE S9, yang berarti kedua perangkat ini sepenuhnya tahan terhadap debu dan mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Perlindungan semacam ini sangat jarang ditemukan pada tablet dengan harga sebanding, sehingga menjadikannya keunggulan yang signifikan bagi kedua tablet ini.

Baca Juga

Dalam hal desain, Galaxy Tab S9 FE memiliki dimensi 166 x 254 x 6,5mm, dengan berat 523g untuk model Wi-Fi ,dan 524g untuk versi 5G. Sementara itu, Galaxy Tab S9 FE Plus sedikit lebih besar dengan dimensi 185 x 285mm, tetapi mempertahankan ketipisannya yang sama yaitu 6,5mm. Beratnya juga bervariasi tergantung pada modelnya, dengan model Wi-Fi berbobot 627g dan model 5G berbobot 628g.

Kedua tablet ini dilengkapi dengan layar LCD dengan kecepatan refresh otomatis hingga 90Hz. Galaxy Tab S9 FE memiliki layar 10,9 inci, sementara Galaxy Tab S9 FE Plus hadir dengan panel 12,4 inci yang lebih besar.

Kamera 12MP yang ada di kedua tablet ini sama, tetapi terdapat sedikit perbedaan pada kamera belakang. Keduanya memiliki lensa utama 8MP, tapi Galaxy Tab S9 FE Plus dilengkapi dengan sensor tambahan dan kamera belakang  8MP.

Meskipun belum ada konfirmasi mengenai prosesor yang digunakan pada kedua tablet ini, pengguna akan memiliki pilihan RAM dan penyimpanan. Galaxy Tab S9 FE tersedia dalam varian RAM 6GB atau 8GB, masing-masing dengan penyimpanan internal 128GB atau 256GB. Sementara Galaxy Tab S9 FE Plus dengan spesifikasi dasar memiliki RAM 8GB yang dipadankan dengan penyimpanan 128GB, sementara versi dengan spesifikasi lebih tinggi memiliki RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Kedua tablet ini juga memiliki slot kartu microSD yang memungkinkan penambahan penyimpanan hingga 1TB.

Dari segi daya tahan baterai, Galaxy Tab S9 FE dilengkapi dengan baterai 8.000mAh, sementara Galaxy Tab S9 FE Plus memiliki baterai yang lebih besar yaitu 10.090mAh. Samsung mengklaim bahwa Galaxy Tab S9 FE Plus dapat bertahan hingga sekitar 20 jam pemutaran video terus menerus sebelum perlu diisi ulang.

Selain itu, sebagai tablet Samsung, kedua seri ini sudah termasuk S Pen di dalam kotaknya, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menggambar dan membuat catatan. Ini didukung oleh sejumlah aplikasi yang kompatibel, termasuk Goodnotes, Clip Studio Paint, dan LumaFusion.

Samsung juga mengumumkan Galaxy Buds FE yang dapat dibeli bersama tabletnya. Galaxy Buds FE menawarkan kualitas suara yang baik dengan bass yang kuat, peredam bising aktif, dan masa pakai baterai yang solid, yakni enam jam in-ear dan total 21 jam saat ANC aktif. Galaxy Buds FE tersedia dalam warna Grafit atau Putih, dengan harga sekitar 99 dolar AS (sekitar Rp 1,5 juta).

Harga Galaxy Tab S9 FE di Inggris belum dikonfirmasi, tetapi model dasarnya dijual dengan harga mulai dari 449 dolar AS (sekitar Rp 7 juta). Tablet ini tersedia dalam empat warna, yaitu Mint, Silver, Grey, dan Lavender. Lebih banyak informasi akan tersedia ketika sampel ulasan tablet ini sudah tersedia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement