Senin 02 Oct 2023 16:22 WIB

Konten Makin Mudah Viral, Cek 3 Fitur Baru YouTube Ini

Semua fitu baru YouTube dapat diakses kreator untuk memudahkan saat membuat konten.

ouTube, platform berbagi video digital asal AS, mengenalkan tiga fitur anyar yang diumumkan dalam ajang Made on YouTube/ilustrasi
Foto: Unsplash
ouTube, platform berbagi video digital asal AS, mengenalkan tiga fitur anyar yang diumumkan dalam ajang Made on YouTube/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---YouTube, platform berbagi video digital asal AS, mengenalkan tiga fitur anyar yang diumumkan dalam ajang Made on YouTube yang diharapkan mampu mendorong kreatornya untuk lebih aktif berkreasi dan menjangkau dunia

"Kami meluncurkan serangkaian produk dan fitur yang akan mendukung orang-orang untuk lebih memperlihatkan ekspresi kreatif tanpa batas, dengan mempermudah hal-hal yang sulit dan mewujudkan mimpi yang mustahil," kata YouTube dalam keterangan persnya.

Baca Juga

Ada pun tiga fitur itu ialah "Dream Screen", "YouTube Create", dan "AI Insight" yang semuanya dapat diakses kreator untuk memperkaya perjalanannya menjadi seorang pembuat video.

Untuk "Dream Screen" merupakan fitur yang dikhususkan untuk konten Shorts dan mulai diujicobakan mulai tahun ini.

Dengan fitur "Dream Screen", kreator dapat menambahkan latar belakang gambar atau video buatan AI ke video Shorts hanya dengan mengetikkan ide ke dalam prompt.

"Pernah terbayang merekam video di luar angkasa? Menyusuri jalur hutan yang indah? Mendambakan anjing pug mengantar ke sekolah? Dengan Dream Screen, kreator dapat membuat latar baru dan fantastis untuk video Shorts yang bebas digunakan sesuai imajinasi mereka," ujar YouTube.

"Dream Screen" mulai diujicobakan ke beberapa kreator tertentu sebelum diluncurkan lebih luas tahun depan.

Selanjutnya ada "YouTube Create", fitur ini merupakan aplikasi untuk seluler dan dapat digunakan oleh penggunanya untuk mengedit video hanya lewat ponsel pintarnya.

Alat tersebut meliputi pengeditan dan pemangkasan yang presisi, pembuatan teks otomatis, kemampuan sulih suara, serta akses ke koleksi filter, efek, transisi, dan musik bebas royalti dengan teknologi pencocokan irama.

Dengan begitu, kreator dapat memproduksi video YouTube mereka berikutnya tanpa harus mengandalkan software pengeditan yang kompleks. Semuanya dapat dilakukan langsung dari ponsel.

"YouTube Create, yang saat ini masih dalam versi beta pada Android di negara tertentu, tersedia tanpa biaya dan didesain untuk mempermudah dan menyederhanakan proses produksi video untuk Shorts atau video panjang," kata YouTube.

Terakhir ada fitur bernama "AI Insight", fitur ini memungkinkan penggunanya menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendapatkan lebih banyak ide dan inspirasi dalam berkonten.

"AI Insight" akan hadir tahun depan di YouTube Studio para kreator dan dengan AI generatif diharapkan kreator dapat mendapatkan lebih banyak ide dan lebih mudah merancang kerangka konten lewat kegiatan bertukar pikiran dengan AI.

Pengalaman yang disiapkan nantinya akan dipersonalisasi sesuai dengan genre dan jenis konten yang dibuat oleh sang kreator.

Uji coba telah dilakukan untuk fitur ini, 70 persen responden menyambut baik fitur "AI Insight" dalam penciptaan konten mereka.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement