Ahad 24 Sep 2023 21:55 WIB

Google Bakal Setop Tampilan Basic HTML Gmail pada Januari 2024

Basic HTML Gmail tidak mendukung beberapa fitur yang diperkenalkan Google.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Gmail
Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google akan menghilangkan mode Basic HTML View Gmail mulai Januari 2024. Versi klasik antarmuka web Gmail ini menawarkan pengalaman yang lebih sederhana.

Menurut banyak pengguna, Basic HTML View Gmail tidak terlalu berbelit-belit dibandingkan versi Google Mail di web yang dipromosikan saat ini. Hingga saat ini, pengguna Gmail dapat mengakses mode Basic HTML View dan menjadikannya mode tampilan default di situs.

Baca Juga

Pengguna baru Gmail mungkin belum pernah menggunakan mode tersebut karena tampilan standar di Gmail tampaknya tidak lagi menyertakan peralihan tautan. Dilansir Ghacks, Ahad (24/9/2023), pengguna masih dapat mengakses menggunakan tautan langsung, tetapi hal itu tidak lagi memberikan opsi untuk menyetel mode sebagai default.

Setiap pemuatan ulang situs web Gmail, misalnya setelah menutup dan membuka kembali browser, akan memuat tampilan standar. Pengguna Gmail yang lebih menyukai tampilan Basic HTML di situs dapat mem-bookmark URL untuk membukanya secara manual setiap saat.

Opsi untuk melakukannya akan dihapus pada Januari 2024. Google mengonfirmasi penghentian mode tampilan Basic HTML di halaman dukungan. Perusahaan tidak menampilkan informasi tentang rencana perubahan kepada pengguna Gmail yang menggunakan mode tersebut, setidaknya untuk saat ini.

“Anda dapat menampilkan Gmail di browser Anda yang membuka mode klasik saat ini akan dialihkan ke antarmuka tampilan Standar secara otomatis setelah perubahan terjadi. Google selanjutnya menjelaskan bahwa Gmail akan dibuka dalam tampilan Standar secara otomatis, jika browser didukung.

Browser yang tidak didukung mungkin tidak lagi memuat situs web Gmail setelah tampilan Standar menjadi satu-satunya mode tampilan yang tersedia di situs. Google menawarkan beberapa rekomendasi kepada pengguna Gmail yang tidak dapat memuat tampilan Standar di browser yang mereka gunakan.

Tipsnya antara lain beralih ke browser yang didukung, memeriksa koneksi Internet, atau menggunakan perangkat lain. Selain itu, pengguna Gmail dapat menggunakan aplikasi Gmail di perangkat seluler mereka atau klien email khusus untuk mengakses layanan ini.

Tampilan Basic HTML Gmail tidak mendukung beberapa fitur yang diperkenalkan Google baru-baru ini. Ini mencakup, antara lain, kemampuan untuk menambah atau mengimpor kontak, pemformatan kaya, pemeriksaan ejaan, obrolan, atau alamat 'dari' khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement