Senin 25 Sep 2023 17:13 WIB

Setelah Tiga Kali Gagal, NASA Akhirnya Berhasil Mendarat di Wilayah Berbahaya Mars Ini

Penjelajah NASA berhasil mencapai punggung Bukit Gediz Vallis di Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
NASA mengonfirmasi penjelajah atau rover Mars Curiosity berhasil mencapai tujuan berbahaya di Planet Merah itu, yaitu Punggung Bukit Gediz Vallis./ilustrasi
Foto: cnsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—NASA mengonfirmasi penjelajah atau rover Mars Curiosity berhasil mencapai tujuan berbahaya di Planet Merah itu, yaitu Punggung Bukit Gediz Vallis. Penjelajah itu berhasil mencapai tujuannya setelah tiga kali gagal.

Dilansir Space, Senin (25/9/2023) para ilmuwan percaya bahwa tiga miliar tahun yang lalu, ketika Mars jauh lebih basah daripada daratan gersang seperti sekarang, Aliran puing-puing yang kuat membawa lumpur dan batu-batu besar ke sisi gunung di sekitar yang dikenal sebagai Gunung Sharp. Menurut NASA, puing-puing ini “menyebar dalam bentuk kipas yang kemudian terkikis oleh angin hingga ke punggung bukit yang menjulang tinggi.”

Secara praktis, latar belakang tersebut berarti punggung bukit ini menyimpan bukti masa lalu Mars yang biru- dan mungkin yang lebih menarik,  informasi tentang tanah longsor kuno yang berbahaya di planet ini.

Ahli geologi William Dietrich, anggota tim misi di University of California, Berkeley, dalam sebuah pernyataan,  mengatakan dia tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya menyaksikan peristiwa ini.

“Batu-batu besar terkoyak dari gunung yang tinggi di atasnya meluncur menuruni bukit, dan menyebar hingga berbentuk kipas di bawah. Hasil dari kampanye ini akan mendorong kita untuk menjelaskan dengan Lebih baik kejadian-kejadian seperti itu tidak hanya di Mars, tapi bahkan di Bumi, di mana mereka merupakan bahaya alam,” ujar Dietrich.

Target tersebut tercapai pada 14 Agustus, atau pada hari Mars (sol) ke-3.923 dari misi tersebut. Setelah menetap, Mastcam Curiosity mengambil 136 gambar individual dari situs tersebut yang digabungkan untuk membentuk panorama 360 derajat yang kemudian disempurnakan warnanya untuk tujuan visual.

Untuk mencapai Punggung Bukit Gediz Vallis, Curiosity harus melewati beberapa rintangan.

Pertama, penjelajah mengalami kesulitan mengakses wilayah yang telah lama dicari di Mars  ini setelah menjelajahi suatu tempat yang dikenal sebagai Greenheugh Pediment pada tahun 2021, yang menurut para ilmuwan merupakan formasi batuan yang sangat sulit untuk didaki.

Kemudian, tahun lalu, Curiosity menemukan bebatuan “punggung aligator” yang bermata pisau dan berbintik-bintik di sepanjang kemungkinan jalur lain menuju punggung Bukit. Julukan “punggung gator” berasal dari fakta bahwa bebatuan ini menyerupai sisik di punggung aligator. Mereka diyakini terbuat dari batu pasir- yang juga menjadikannya jenis batuan terkeras yang pernah ditemui Curiosity di Mars.

Awal tahun ini, Curiosity menghadapi kemunduran lain dalam perjalanan ke Gediz Vallis setelah mengunjungi Marker Band Valley. Keluar dari Marker Band, kata NASA pada saat itu, sebanding dengan ikut serta dalam “slip-and-slide” Mars. Seluruh cobaan itu membuat Curiosity berada dalam kondisi yang sulit.

Tim Curiosity menyebut GV Ridge sebagai “‘Segitiga Bermuda’ dari Gunung Sharp,” menurut pembaruan misi awal tahun ini.

“Kami sekarang hanya tinggal beberapa meter lagi untuk dapat menjangkau dan mendapatkan ilmu kontak pada beberapa material punggungan, dan antisipasi semakin meningkat,” tambah pembaruan tersebut.

Namun kini Curiosity telah memuaskan rasa penasaran kita. “Setelah tiga tahun, kami akhirnya menemukan tempat di mana Mars memungkinkan Curiosity mengakses punggung bukit yang curam dengan aman,” kata Ashwin Vasavada, ilmuwan proyek Curiosity di Jet Propulsion Laboratory NASA, dalam pernyataannya. “Sungguh menyenangkan bisa menjangkau dan menyentuh bebatuan yang dipindahkan dari tempat tinggi di Gunung Sharp yang tidak akan pernah bisa kita kunjungi bersama Curiosity.”

Untuk poin terakhir, Curiosity tidak pernah dimaksudkan untuk melakukan pendakian menuju puncak Gunung Sharp, yang berarti membedah bebatuan di tanah yang pernah berdiri di puncak formasi adalah peluang unik yang penting.

Penjelajah tersebut telah menjelajahi gunung setinggi lima kilometer sejak tahun 2014, dan menemukan bukti aliran sungai kuno dan sejenisnya di sepanjang perjalanan, jelas NASA, tetapi punggung bukit Gediz Vallis adalah area yang benar-benar baru untuk diselidiki — dan , sebenarnya, bagian termuda di wilayah tersebut.

Menurut NASA, Curiosity menghabiskan 11 hari di punggung bukit setelah kedatangannya pada pertengahan Agustus. Selama waktu ini, kamera ini memotret bebatuan gelap di wilayah yang "jelas berasal dari tempat lain di gunung tersebut," serta bebatuan lain yang lebih rendah di punggung bukit, "beberapa di antaranya sebesar mobil." Pecahan tersebut diperkirakan berasal dari tempat yang lebih tinggi di Gunung Sharp.

Mastcam Curiosity, secara total, menangkap 136 gambar Punggung Bukit Gediz Vallis yang disatukan dalam mosaik untuk membentuk tampilan 360 derajat. Lebih lanjut, kata Tim, penjelajah tersebut menawarkan kepada para ilmuwan pandangan dekat pertama dari makhluk geologis yang disebut “kipas aliran puing”, yang mengacu pada fenomena di mana puing-puing yang mengalir menuruni lereng menyebar menjadi bentuk kipas.