Senin 25 Sep 2023 19:13 WIB

WhatsApp Kenalkan Fitur Baru Flows, Ini Fungsinya

Fitur baru WhatsApp itu akan tersedia untuk bisnis dalam beberapa bulan mendatang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp memperkuat pengalaman berbelanja bagi pedagang dan pengguna melalui fitur baru yang disebut Flows.
Foto: Unsplash
WhatsApp memperkuat pengalaman berbelanja bagi pedagang dan pengguna melalui fitur baru yang disebut Flows.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— WhatsApp memperkuat pengalaman berbelanja bagi pedagang dan pengguna melalui fitur baru yang disebut Flows. Flows memungkinkan pengguna menuntaskan berbagai hal seperti memilih kursi di penerbangan atau memesan janji temu tanpa berganti aplikasi. 

Penjual akan memiliki elemen penyusun mulai dari kotak teks hingga kalender dan pemilih kursi untuk membangun pengalaman ini. WhatsApp mengatakan fitur tersebut akan tersedia untuk bisnis dalam beberapa bulan mendatang. 

Baca Juga

Dilansir TC, Senin (25/9/2023), halaman dukungan untuk Flows menunjukkan penggunaan seperti membuat janji temu, penyesuaian produk, masuk ke akun mereka, mengisi formulir, dan mendaftar ke acara.

Perusahaan tersebut menyatakan telah menguji arus dengan bisnis seperti bank Brasil Banco Pan, pengecer MagaLu, Lenovo, layanan perjalanan India Redbus, bank SBI yang berbasis di India, dan platform penjualan kembali mobil Spinny. 

VP Perpesanan Bisnis di Meta, Nikila Srinivasan mengatakan kepada TechCrunch, belanja dan e-commerce adalah salah satu sektor terbesar yang ingin WhatsApp fokuskan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengiriman pesan bisnis sedemikian rupa sehingga bisnis dan orang-orang dapat melakukan lebih banyak hal langsung di rangkaian obrolan.  “Kami mencoba membangun pengalaman yang kaya dalam obrolan, dan di situlah Flows berperan,” kata Srinivasan. 

Srinivasan menambahkan bahwa meskipun Flows mungkin digunakan oleh bisnis e-commerce saat ini, WhatsApp juga ingin membangun pengalaman yang kaya untuk jenis bisnis lainnya.

Meta tidak membebankan biaya kepada pedagang untuk Flows secara terpisah. Perusahaan mengatakan kepada TechCrunch bahwa percakapan dengan Flows akan sesuai dengan model pembayaran saat ini.

WhatsApp saat ini membebankan biaya kepada bisnis untuk percakapan (interaksi dalam jangka waktu 24 jam), yang dikategorikan berdasarkan pemasaran, utilitas, otentikasi, dan layanan. Jadi misalnya, permintaan pelanggan untuk membuat janji temu kemungkinan besar termasuk dalam kategori utilitas. 

Perusahaan ini juga memperkenalkan mitra pembayaran baru untuk pengalaman pembayaran bagi pelanggan di India— di mana WhatsApp memiliki lebih dari 500 juta pengguna. Tahun lalu, WhatsApp bermitra dengan Reliance Jio untuk pengalaman belanja menyeluruh, namun pelanggan hanya dapat membayar melalui jaringan antarmuka Pembayaran Terpadu berbasis UPI— WhatsApp Pay tanpa meninggalkan aplikasi. 

Sekarang telah bekerja sama dengan penyedia gateway pembayaran Razorpay dan PayU sehingga pengguna dapat membayar melalui aplikasi UPI lainnya, serta kartu kredit dan debut. 

Awal tahun ini, WhatsApp memperkenalkan pembayaran merchant kepada pengguna di Brasil dan Singapura. Pendapatan bisnis WhatsApp bergantung pada pedagang yang melakukan lebih banyak percakapan dan menyelesaikan transaksi. 

Dengan Flows dan dukungan pembayaran yang diperluas di India, perusahaan kemungkinan ingin mendorong pengalaman belanja menyeluruh untuk meningkatkan frekuensi transaksi bisnis. 

Selain itu, awal tahun ini, WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi Bisnisnya telah melampaui 200 juta pengguna aktif bulanan. Perusahaan mengatakan bahwa merek juga telah mulai menguji fitur pesan yang dipersonalisasi untuk pedagang, yang diumumkan pada bulan Juni. Fitur ini memungkinkan bisnis mengirim pesan khusus seperti diskon atau penawaran kepada pelanggan tertentu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement