Ahad 24 Sep 2023 08:24 WIB

Mode 7: Senjata Rahasia Super Nintendo 

Super Nintendo menampilkan tujuh mode rendering video berbeda

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Konsol game Nintendo Switch terlihat saat konvensi game Gamescom di Cologne, Jerman, 23 Agustus 2023.
Foto:

Mungkin dua gim Super Nintendo paling ikonik yang menggunakan Mode 7 adalah gim balapan klasik Nintendo, “Super Mario Kart” dan “F-Zero”. Kedua gim ini beroperasi dengan prinsip yang sama -gambar 2D dari sebuah trek akan diubah menjadi permukaan 3D yang bergulir, sementara sprite kendaraan akan ditempatkan di atas untuk balapan. 

Dengan menambahkan pengubah tabrakan sederhana pada dinding lintasan dan bahayanya, Anda dapat menciptakan ilusi lintasan 3D, meskipun sebenarnya bukan 3D. 

Selain gim-gim tersebut, Mode 7 juga digunakan untuk memberikan efek sinematik yang luar biasa di banyak gim Super Nintendo lainnya. RPG seperti “Final Fantasy VI” dan “Secret of Mana” akan menggunakan Mode 7 untuk merender peta dunia luarnya, memberi mereka skala yang jauh lebih besar dari tampilan atas biasa. 

"Super Castlevania IV" menampilkan panggung terkenal yang terletak di dalam silinder berputar raksasa; ini juga merupakan hasil Mode 7, yang mengubah gambar latar belakang datar menjadi tabung berputar. Mode 7 bahkan dapat digunakan pada sprite yang bergerak, seperti pertarungan bos melawan Jaws yang mengerikan di "Super Turrican 2.”

 

Jelas sekali, perangkat keras gim sudah melewati Mode 7, karena kita dapat dengan mudah membuat 3D nyata, bukan salinan persis. Namun, efek 3D yang terlihat jelas masih diingat dengan baik dan sering kali sengaja digunakan dalam gim bergaya retro dan remake seperti “F-Zero 99”. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement