Ahad 24 Sep 2023 08:24 WIB

Mode 7: Senjata Rahasia Super Nintendo 

Super Nintendo menampilkan tujuh mode rendering video berbeda

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Konsol game Nintendo Switch terlihat saat konvensi game Gamescom di Cologne, Jerman, 23 Agustus 2023.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Konsol game Nintendo Switch terlihat saat konvensi game Gamescom di Cologne, Jerman, 23 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada awal 1990-an, Super Nintendo Entertainment System, juga dikenal sebagai Super Famicom di Jepang, adalah konsol gim video rumahan pertama, yang mungkin hanya dapat disaingi oleh Sega Genesis. Konsol ini menjadi rumah bagi beberapa hits terhebat yang pernah diproduksi dan diterbitkan Nintendo, seperti "Super Mario World", "The Legend of Zelda: A Link to the Past", "Donkey Kong Country", dan masih banyak lagi.

Menggunakan mikroprosesor 16-bit yang merupakan gaya saat itu, dilansir Slashgear, Ahad (23/9/2023), Super Nintendo dapat melakukan pekerjaan sprite 2D yang cukup mengesankan. Namun, untuk pertama kalinya di konsol Nintendo, dan sebagian besar konsol pada umumnya, SNES tidak sepenuhnya diturunkan ke dunia 2D. 

Baca Juga

Meskipun hanya ada beberapa gim 3D yang sesungguhnya di konsol yang ditenagai oleh Chip Super FX, seperti “Star Fox” dan “Dirt Racer”, gim 2D tersebut dapat mencapai salinan persis 3D yang mengesankan menggunakan senjata rahasia konsol, yakni Mode 7. Berkat Mode 7, gim mencapai tingkat kecepatan dan estetika yang benar-benar baru.

Dilansir Slashgear, Ahad (24/9/2023), Super Nintendo menampilkan tujuh mode rendering video berbeda, masing-masing menawarkan tingkat detail tampilan berbeda, ditampilkan dalam satu hingga empat lapisan latar belakang. Sebagian besar gim Super Nintendo menggunakan Mode 1, yang dapat menampilkan sprite 16 warna dan latar belakang pada dua lapisan ditambah sprite empat warna pada lapisan ketiga. 

Trik kecil ini adalah kunci dari efek pengguliran paralaks yang Anda lihat di gim seperti “Super Mario World”, di mana elemen latar belakang akan bergulir dengan kecepatan berbeda dari elemen latar depan. Mode 7, bagaimanapun, adalah satu-satunya mode tampilan yang memungkinkan efek visual tingkat lanjut. 

Mode 7 memungkinkan Super Nintendo mengambil gambar 2D dan menerapkan efek rendering 3D padanya, seperti bergulir, melengkung, meregang, dan banyak lagi. Dengan beralih ke Mode 7, gim dapat mengubah salah satu lapisan latar belakangnya menjadi gambar bergerak secara independen, yang dapat digunakan untuk modifikasi gameplay dan tontonan sederhana. 

Ditambah lagi, dengan sedikit perubahan kreatif, gambar 2D dapat diubah menjadi tampilan pseudo-3D, dengan sprite 2D bergerak dalam ruang 3D datar. Ini seperti menggelindingkan bola di atas treadmill.

Gim apa saja yang menggunakan Mode 7? 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement