Kamis 21 Sep 2023 10:07 WIB

Kiat Hemat Data di Ponsel Android

Ada cara-cara efektif untuk membantu menghemat data.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Semakin banyak operator seluler yang menawarkan paket data tak terbatas dengan harga terjangkau, tetap penting untuk memperhatikan penggunaan data seluler.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Semakin banyak operator seluler yang menawarkan paket data tak terbatas dengan harga terjangkau, tetap penting untuk memperhatikan penggunaan data seluler.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era ketika semakin banyak operator seluler yang menawarkan paket data tak terbatas dengan harga terjangkau, tetap penting untuk memperhatikan penggunaan data seluler. Gunanya, supaya tidak melampaui batas dan menimbulkan biaya tambahan.

Untungnya, ada cara-cara efektif untuk membantu menghemat data tanpa mengorbankan pengalaman seluler. Berikut strategi untuk meminimalisasi konsumsi data seluler di smartphone Android, dikutip dari laman GizChina, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga

- Selalu pantau konsumsi data

Salah satu langkah mendasar untuk menghemat data adalah dengan mengawasi penggunaan data.  Penting untuk mengetahui kapan saat sudah mendekati batas data. Sebagian besar operator seluler menyediakan aplikasi yang memungkinkan pengguna memeriksa penggunaan data secara manual. 

 

- Atur pengingat Wi-Fi

Semua orang pernah mengalami situasi ketika berada di zona Wi-Fi, tetapi lupa mengaktifkannya di perangkat seluler.  Cegah skenario seperti itu dengan membuat pengingat khusus, menggunakan aplikasi pencatatan yang populer seperti Google Keep.

 

- Berhati-hatilah dengan unduhan

Mengunduh file dan gambar dari internet dapat menghabiskan banyak data, apalagi jika dilakukan secara rutin. Kecuali jika benar-benar diperlukan, pertimbangkan untuk menghindari pengunduhan seperti ini, apalagi saat menggunakan data seluler.

 

- Pilih konsumsi media offline

Jika terbiasa melakukan streaming musik, podcast, atau konten video saat bepergian, sebaiknya unduh konten ini saat tersambung ke Wi-Fi.  Sebagian besar layanan streaming menawarkan opsi mengunduh konten untuk ditonton secara offline, sehingga mengurangi pemakaian data seluler. 

 

- Sesuaikan kualitas streaming

Meskipun streaming berkualitas tinggi meningkatkan pengalaman menonton atau mendengarkan musik, streaming juga menghabiskan lebih banyak data. Periksa pengaturan kualitas di aplikasi streaming untuk video, musik, dan bahkan video game. 

 

- Kelola unduhan WhatsApp

WhatsApp dan aplikasi perpesanan serupa, biasanya memiliki pengaturan default untuk pengunduhan otomatis file foto, video, dan audio. Ini dapat menghabiskan data seluler jika tidak menggunakan Wi-Fi. Untuk menghindarinya, batasi unduhan hanya saat tersambung ke Wi-Fi. 

 

- Nonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan aplikasi yang sering dilakukan sangat penting untuk menjaga fungsionalitas dan keamanan, namun pembaruan ini juga dapat menghabiskan banyak data. Disarankan untuk mengatur pembaruan agar hanya dilakukan saat sedang terhubung ke Wi-Fi.

 

- Gunakan peta offline untuk navigasi

Aplikasi navigasi GPS seperti Google Maps dan Waze sangat berguna tetapi dapat menghabiskan banyak data bila digunakan secara ekstensif. Untuk mengurangi konsumsi data saat bernavigasi, pilih opsi mengunduh peta untuk penggunaan offline.

 

- Tinjau izin akses internet aplikasi

Banyak aplikasi harian mungkin memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet meskipun tidak diperlukan. Untuk menghemat data, disarankan membatasi izin akses internet untuk aplikasi yang tidak memerlukan koneksi internet untuk fungsi intinya. 

 

- Aktifkan mode hemat data

Sebagian besar perangkat Android menawarkan mode hemat data, juga dikenal sebagai "mode data cerdas" atau "mode hemat data" yang membatasi penggunaan data di latar belakang.  Mode ini membantu memastikan aplikasi penting terus berfungsi sekaligus mengurangi konsumsi data untuk proses yang tidak penting.

 

- Tetapkan batas penggunaan data

Jika merasa penyesuaian sebelumnya tidak cukup untuk mengontrol konsumsi data, pertimbangkan untuk menetapkan batas penggunaan data. Tetapkan batas harian atau bulanan pada penggunaan data untuk mencegah biaya kelebihan penggunaan data.

 

- Prioritaskan 4G

Meskipun 5G menjanjikan kecepatan data yang lebih cepat, 5G juga mengonsumsi lebih banyak data dan baterai dibandingkan dengan 4G.  Jika perangkat mendukung 5G dan 4G, pertimbangkan untuk memprioritaskan 4G bila memungkinkan. 

 

Terhubung ke jaringan 4G memungkinkan perangkat untuk menghemat data dan masa pakai baterai. 4G pun masih menawarkan kecepatan yang cukup untuk sebagian besar aktivitas dan memiliki jangkauan yang lebih luas, namun penggunaan 3G tidak lagi disarankan karena kecepatannya yang lebih lambat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement