Rabu 20 Sep 2023 14:11 WIB

Misteri Petir dan Meteor Terbakar di Atmosfer Venus

Kilatan cahaya seperti itu juga unik di dunia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Awan tebal dan kaya asam yang ada di Venus, masih terus menyelimuti planet itu secara misterius./ilustrasi
Foto: NASA/APL/NRL
Awan tebal dan kaya asam yang ada di Venus, masih terus menyelimuti planet itu secara misterius./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Awan tebal dan kaya asam yang ada di Venus, masih terus menyelimuti planet itu secara misterius. Para ilmuwan telah lama memperdebatkan, apakah kilatan cahaya yang dicatat oleh misi Venus sebelumnya, merupakan bukti adanya sambaran petir di planet itu.

Jika kilatan cahaya tersebut benar-benar petir, misi masa depan ke planet berangin ini perlu dirancang sedemikian rupa sehingga cukup kuat untuk bertahan dari sambaran petir, yang diketahui dapat merusak perangkat elektronik di Bumi.

Baca Juga

Selain itu, petir di Venus berarti tetangga kosmik Bumi itu akan bergabung dengan kelompok planet langka yang anggotanya saat ini (Bumi, Jupiter, dan Saturnus) menampung sambaran petir di awannya. Kilatan cahaya seperti itu juga unik di dunia karena tetap ada meskipun awan Venus kekurangan air, suatu zat yang dianggap penting dalam menciptakan muatan listrik.

Oleh karena itu, para ilmuwan sangat antusias dengan kemungkinan adanya petir di Venus, namun bukti yang ada sejauh ini masih bersifat tidak langsung. Dan sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa petir mungkin sangat jarang terjadi di planet ini.

Sebaliknya, dilansir dari Space, Rabu (20/9/2023), studi yang diterbitkan dalam Journal of Geophysical Research: Planets pada 25 Agustus 2023 ini, menyebutkan kemungkinan bahwa meteor yang terbakar di atmosfer Venus lah yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas kilatan cahaya yang terdeteksi.

Dengan asumsi jumlah meteor yang turun di Venus sama dengan yang terlihat di Bumi, tim menghitung jumlah kilatan yang disebabkan oleh batuan luar angkasa tersebut.

Kemudian, para peneliti membandingkan data tersebut dengan kilatan cahaya yang terekam di atmosfer Venus melalui dua survei: Observatorium Gunung Bigelow di Arizona dan pengorbit Venus Jepang, Akatsuki, yang telah mengorbit tetangga planet kita itu sejak 2015.

Hasil studi menunjukkan bahwa batuan luar angkasa yang terbakar sekitar 62 mil (100 km) dari permukaan Venus, kemungkinan bertanggung jawab atas sebagian besar atau bahkan mungkin semua kilatan cahaya yang teramati. “Petir sepertinya bukan ancaman bagi misi yang melewati atau bahkan berlama-lama di dalam awan,” kata studi itu.

Data dari misi Venus sebelumnya yang dilakukan oleh AS, Eropa, dan bekas Uni Soviet mencakup sinyal-sinyal yang telah lama ditafsirkan oleh para ilmuwan sebagai sambaran petir, dan bahkan diduga hal tersebut terjadi lebih sering daripada yang terjadi di Bumi.

Namun, di masa lalu, Cassini yang berada di Saturnus dan Parker Solar Probe yang berada di Matahari, sudah coba mencari tetapi gagal menemukan sinyal radio dari petir di Venus.

Studi seperti ini penting untuk merencanakan misi masa depan ke Venus, sebuah upaya yang secara luas dianggap sudah lama tertunda, terutama karena deteksi kemungkinan gunung berapi aktif di permukaan Venus menunjukkan bahwa itu mungkin masih aktif secara geologis.

Jika sambaran petir benar-benar menimbulkan risiko, wahana yang berupaya turun ke permukaan Venus atau yang akan mengapung selama berbulan-bulan di atmosfer tebalnya, akan memerlukan perlindungan sekaligus mengumpulkan data berharga.

Meskipun mungkin masih ada petir di permukaan Venus yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, studi baru ini menemukan bahwa secara keseluruhan, hal tersebut tidak menjadi perhatian yang signifikan untuk misi di masa depan.

Wahana antariksa di masa depan yang turun dengan cepat melalui atmosfer Venus akan aman. Hal ini termasuk DAVINCI milik NASA (kependekan dari Deep Atmospheric Venus Investigation of Noble Gases, Chemistry, and Imaging), yang dijadwalkan untuk menembus atmosfer Venus pada awal 2030-an.

Untuk platform udara berumur panjang yang melayang di awan planet selama sekitar 100 hari Bumi atau lebih, studi ini menemukan bahwa sambaran petir lebih mungkin terjadi jika wahana berada dalam jarak 56 mil (90 km) dari permukaan. “Namun, mungkin serangan yang jaraknya cukup jauh akan tampak lebih menarik daripada berbahaya,” kata studi baru tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement