Rabu 20 Sep 2023 06:51 WIB

Siap Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi ASUS Zenfone 10

Hal yang paling diandalkan Zenfone 10 adalah modelnya yang compact.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Model menunjukkan smartphone ASUS Zenfone 10 pada Media Sneak Peek ASUS Zenfone 10 di Jakarta, Selasa (19/9/2023). Ponsel akan dirilis secara resmi ke publik pada 29 September 2023.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Model menunjukkan smartphone ASUS Zenfone 10 pada Media Sneak Peek ASUS Zenfone 10 di Jakarta, Selasa (19/9/2023). Ponsel akan dirilis secara resmi ke publik pada 29 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel pintar ASUS Zenfone 10 bakal secara resmi diperkenalkan kepada publik pada Jumat, 29 September 2023. Acara peluncuran smartphone teranyar dari ASUS itu akan disiarkan secara online pukul 19.00 WIB di kanal YouTube resmi dan akun Facebook ASUS Indonesia.

Pada "Media Sneak Peek ASUS Zenfone 10" di Jakarta, Selasa (19/9/2023), Republika berkesempatan mengintip terlebih dahulu spesifikasi perangkat tersebut. Mengusung slogan "Mighty on Hand", hal yang paling diandalkan Zenfone 10 adalah modelnya yang compact.

Baca Juga

Dengan ukuran layar 5,9 inci, ponsel ini mudah digunakan hanya dengan satu tangan, didukung bobot 172 gram yang terbilang ringan. Prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dibenamkan pada perangkat ini, diklaim membuat performanya lebih powerful dibanding seri sebelumnya.

"Tahun lalu, Zenfone 9 sudah kami bawa ke Indonesia. Sekarang, kami akan menghadirkan Zenfone 10, dengan DNA yang sama, yakni smartphone compact dengan performa tinggi, tapi dengan sejumlah improvement dan fitur tambahan untuk melengkapi produktivitas pengguna," kata Product Marketing ASUS Mobile Phone Indonesia, Advent Jose.

Tambahan dan pengembangan fitur-fitur itu memungkinkan kualitas kamera yang lebih baik. Pengguna dijanjikan dapat mengambil foto dan video yang memukau dalam berbagai kondisi. Termasuk, ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya atau pemotretan profesional.

Seperti ciri khas ponsel ASUS, ada dua lingkaran lensa kamera berukuran sama di bagian belakang ponsel, yang dijuluki double ring. Kamera belakang Zenfone 10 itu terdiri dari main camera 50 MP dan ultra-wide camera 15 MP, serta ada kamera depan 32 MP RGBW.

Keunggulan lain yakni fitur edge tools, membuat akses ke control panel dan berbagai aplikasi jadi semudah satu gerakan jari. Ada pula tombol ZenTouch di sisi ponsel yang bisa menjadi pintasan instan untuk membuka kunci ponsel, kontrol pemutaran video, penelusuran web, dan membaca notifikasi.

Performa Zenfone 10 untuk bermain gim atau menonton film secara streaming dijanjikan lebih mulus berkat 144 Hz refresh rate. Audionya didukung Dirac Virtuo. Ponsel bisa dipakai sepanjang hari, dengan baterai 4300 mAh serta fitur wireless charging 15 watt.

Menariknya lagi, ponsel Zenfone 10 hadir dalam lima warna, antara lain aurora green, eclipse red, starry blue, midnight black, serta comet white. Ponsel dengan warna merah, putih, dan hijau menggunakan bahan bio-based-polycarbonate yang ramah lingkungan. Semua ponsel tersedia dalam kapasitas RAM 8 GB/128 GB, sementara khusus untuk midnight black memiliki opsi 16GB/512 GB.

Country Branch Sales Manager ASUS Mobile Phone Indonesia, Galih Wardhana, menyampaikan bahwa ASUS kini tengah berfokus pada pengembangan smartphone ukuran compact. Artinya, ASUS bakal terus mengembangkan ponsel dengan ukuran di bawah enam inci.

ASUS disebutnya tetap bertahan di posisi itu meskipun brand lain kini banyak menghadirkan ponsel dengan dimensi lebih besar. Menurut Galih, fitur-fitur ponsel compact pun tak kalah canggih. Terlebih, Zenfone 10 yang akan dihadirkan termasuk kategori flagship alias ponsel premium.

"ASUS Zenfone menekankan experience. Kami tidak sebatas mengeluarkan produk mainstream, tapi fokus ke apa yang pelanggan butuhkan. Target utama Zenfone 10 adalah practical user yang menyukai kepraktisan, karena semua bisa dilakukan dalam satu genggaman," tutur Galih.

Dia menyampaikan, untuk saat ini harga Zenfone 10 belum bisa diungkap kepada publik, sebab akan diumumkan pada momen perolisan ponsel secara resmi. Galih membocorkan, harganya tidak akan jauh beda dari Zenfone 9 dan bakal tersedia program tukar tambah atau trade-in.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement