Senin 18 Sep 2023 15:20 WIB

Jangan Ragu untuk Curhat, Ini Masalah yang Bisa Picu Stres

Menjadi dewasa terkadang sungguh melelahkan dan sulit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ketika mengalami masalah sulit, orang dewasa disarankan untuk berbagi dengan orang dekat yang bisa dipercaya  (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Ketika mengalami masalah sulit, orang dewasa disarankan untuk berbagi dengan orang dekat yang bisa dipercaya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang sepenuhnya mempersiapkan seseorang untuk menjadi dewasa dan mampu menghadapi berbagai permasalahannya. Begitu meninggalkan masa kanak-kanak dan remaja, mendadak ada banyak tanggung jawab yang harus dipikul.

Tanpa bisa dihindari, seseorang pun banyak melalui penolakan, kesedihan, kegagalan, dan kekecewaan. Menjadi dewasa terkadang sungguh melelahkan dan menyulitkan. Tidak ada peta jalan yang mudah diikuti menuju kebahagiaan dan kesuksesan.

Baca Juga

Dikutip dari laman Upworthy, Senin (18/9/2023), orang dewasa disarankan berbagi permasalahannya dengan orang dekat dan terpercaya supaya tidak kewalahan. Sebab, ada banyak permasalahan pelik yang bisa dialami orang dewasa.

Di forum daring Reddit, pengguna dengan nama u/Frequent-Pilot5243 bertanya kepada pengguna lain mengenai keluhan menjadi dewasa. Sangat banyak yang merespons, dengan jawaban beragam yang mendalam, mengecewakan, sekaligus menyentuh.

Salah satu keluhan yang kerap disampaikan adalah perasaan 'tanpa tujuan'. Saat masih kecil, dunia digambarkan sebagai serangkaian pencapaian. Bayi belajar berjalan, lalu mengetahui cara menggunakan kamar mandi, lalu tumbuh dan mulai sekolah.

Setelah menyelesaikan sekolah, seseorang mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, begitu keluar dari sistem sekolah dan mandiri dari orang tua, ada dunia yang luas dan rumit, serta dibutuhkan waktu lama untuk mempelajari cara kerjanya. 

"Sepanjang masa mudamu, kamu diberi tujuan untuk lulus ujian dan belajar, lalu tiba-tiba kamu terlempar ke dunia dan disuruh menemukan maknamu sendiri," ujar pengguna dengan nama akun Captain_Snow.

Jika tidak memulai dengan baik, seseorang akan menghabiskan sisa hidup untuk mengejar ketertinggalan. Kemudian, dia mencapai usia paruh baya dan menyadari bahwa hidup amat singkat dan waktu berjalan semakin cepat. Masa dewasa juga membutakan banyak orang.

Thread di Reddit itu mungkin terkesan sedikit menyedihkan, namun ada banyak pelajaran bagus yang dapat diingat oleh generasi muda. Unggahan tersebut juga akan membuat orang dewasa merasa jauh lebih baik karena mengetahui banyak orang juga merasakan hal yang sama.

Masalah pelik lain yang disoroti pengguna Reddit adalah kesadaran atas masalah kesehatan. Dengan kebebasan yang dimilikinya, orang dewasa leluasa begadang selarut yang diinginkan. Namun, itu ternyata buruk untuk kesehatan dan energi terkuras keesokan harinya.

Hal lain adalah para sahabat yang mulai menghilang satu per satu atau sibuk masing-masing, perubahan tubuh, serta banyaknya tagihan serta tanggung jawab finansial. Beberapa orang dewasa di forum itu pun sedih karena orang tua mereka menua atau sudah berpulang.

Intrik di tempat kerjaan juga dikeluhkan orang dewasa, yang juga penuh gosip dan intimidasi. Banyak yang merasa terjebak dalam situasi yang buruk, baik itu perihal karier maupun romansa, tapi tak bisa melepaskan diri karena biaya dan upaya untuk keluar dari situasi tersebut terasa berat.

Banyak pula yang bertanya-tanya tentang kebahagiaan sejati. Orang dewasa kerap dituntut melakukan hal-hal yang dikuasai, atau yang menghasilkan uang, tapi itu terasa kurang bermakna. Sementara, hidup membutuhkan uang dan menabung terasa cukup sulit.

Tidak punya banyak waktu luang juga jadi hal pelik yang membuat orang dewasa merasa terkungkung dengan rutinitas, sulit memelihara hubungan, serta kelelahan kronis. Sebagian juga mengeluh kesepian. "Menjadi orang dewasa terasa sangat sepi," ungkap pemilik akun Bluebloop0.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement