Senin 18 Sep 2023 14:20 WIB

Pengisi Daya Baru Apple, Apa Itu USB-Type C?

Apple mengadopsi standar koneksi yang lebih banyak digunakan, yaitu USB-Type C.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple telah membuang konektor pengisi daya iPhone internalnya. Sejalan dengan industri teknologi lainnya, Apple mengadopsi standar koneksi yang lebih banyak digunakan, yaitu USB-Type C.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Apple telah membuang konektor pengisi daya iPhone internalnya. Sejalan dengan industri teknologi lainnya, Apple mengadopsi standar koneksi yang lebih banyak digunakan, yaitu USB-Type C.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah menghilangkan konektor pengisi daya iPhone internalnya. Sejalan dengan industri teknologi lainnya, Apple mengadopsi standar koneksi yang lebih banyak digunakan, yaitu USB-Type C.

Salah satu alasannya adalah aturan pengenaan biaya bersama yang akan segera diberlakukan di Uni Eropa (UE). Berikut simak, semua informasi mengenai USB-C, dilansir Japan Today, Senin (18/9/2023): 

Baca Juga

Apa itu USB-Type C?

Bagian pertama dari akronim tersebut adalah singkatan dari Universal Serial Bus, dan menggantikan versi sebelumnya dari kabel USB yang digunakan pada segala hal mulai dari printer dan hard drive hingga mouse komputer dan pembaca Kindle.

Steker USB-Type C hadir dalam bentuk yang berbeda dari pendahulunya, oval memanjang. Ini juga simetris dan dapat dibalik yang menghilangkan salah satu keluhan umum tentang versi sebelumnya seperti konektor USB-A persegi panjang karena tidak ada cara yang salah untuk mencolokkannya.

Apa keunggulan dari USB-Type C?

Kabel USB-Type C dapat membawa lebih banyak daya sehingga laptop dapat diisi dayanya lebih cepat dan memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Pada saat yang sama, dia dapat mengirimkan sinyal video ke monitor dan menyuplai daya ke aksesori yang terhubung.

Konektor USB-Type C juga dirancang agar tahan terhadap masa depan. Bentuknya tidak akan berubah tetapi versi yang lebih baru dan perangkat yang terhubung dengannya, akan hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan. Artinya, pengguna harus berhati-hati karena perangkat lama mungkin tidak dapat mendukung spesifikasi terbaru.

Bentuknya lebih ramping dibandingkan colokan USB-A berbentuk kotak sehingga lebih cocok untuk perangkat baru yang ukurannya semakin kecil.

Mengapa Apple menggunakan USB-Type C?

Apple telah lama memperjuangkan konektor Lightning miliknya untuk iPhone meskipun hampir tidak ada orang lain yang menggunakannya. Mereka menolak tuntutan umum UE yang mengenakan biaya dengan alasan kekhawatiran akan membatasi inovasi dan merugikan konsumen.

Apple bertahan bahkan ketika perusahaan lain mulai menambahkan konektor USB-Type C ke perangkat mereka. Namun, setelah proposal UE mendapat persetujuan penting tahun lalu, raksasa teknologi AS itu menyerah dan tidak melihat ke belakang.

Seorang eksekutif perusahaan yang meluncurkan iPhone terbaru pada Selasa bahkan tidak menyebutkan kabel Lightning saat dia memperkenalkan penggantinya.

“USB-Type C telah menjadi standar yang diterima secara universal sehingga kami menghadirkan USB-Type C ke iPhone 15,” kata wakil presiden pemasaran produk iPhone, Kaiann Drance.

Dia mengatakan USB-Type C telah dimasukkan ke dalam produk Apple selama bertahun-tahun dan sekarang dapat digunakan di MacBook, iPad, iPhone, dan AirPods.

Peran apa yang dilakukan UE?

Pergeseran Apple adalah contoh bagaimana peraturan UE sering kali berakhir dengan perubahan di seluruh dunia yang dikenal sebagai efek Brussel. Sebab, perusahaan memutuskan bahwa lebih mudah untuk mematuhinya daripada membuat produk yang berbeda untuk wilayah yang berbeda.

UE menghabiskan lebih dari satu dekade untuk membujuk industri teknologi agar mengadopsi standar pengisian daya yang sama. Dorongan untuk menerapkan peraturan mengenai kabel yang seragam adalah bagian dari upaya blok tersebut untuk menjadikan produk yang dijual di UE lebih ramah lingkungan dan mengurangi limbah elektronik.

Aturan umum mengenai pengisian daya di UE baru akan berlaku pada musim gugur 2024. Aturan ini mencakup ponsel, tablet, e-reader, earbud, kamera digital, headphone dan headset, konsol video game genggam, keyboard dan mouse, speaker portabel, dan perangkat navigasi.

Ini juga menstandarkan teknologi pengisian cepat dan memberi konsumen hak untuk memilih apakah akan membeli perangkat baru dengan atau tanpa pengisi daya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement