Ahad 17 Sep 2023 10:24 WIB

Gara-gara Pesanan iPhone 15 Membeludak, Situs Apple Store Langsung Crash

Gangguan mulai terjadi 15 menit setelah layanan prapesan dibuka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Akibat membeludaknya penggemar Apple yang berlomba-lomba melakukan pre-order  iPhone 15 membuat Apple Store mengalami gangguan./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Akibat membeludaknya penggemar Apple yang berlomba-lomba melakukan pre-order iPhone 15 membuat Apple Store mengalami gangguan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple telah resmi membuka prapesan (PO) iPhone 15 pada Jumat (15/9/2023) pukul 13.00 waktu setempat atau Jumat ( 15/9/2023) pukul 19.00 WIB.

Dikutip dari laman Daily Mail, Ahad (17/9/2023), akibat membeludaknya penggemar Apple yang berlomba-lomba melakukan pre-order membuat Apple Store mengalami gangguan. Kondisi itu dilaporkan mulai terjadi 15 menit setelah layanan prapesan dibuka.

Baca Juga

Saat gangguan terjadi, Apple memberikan keterangan di situs web-nya. "Hampir tiba. Hanya beberapa sentuhan akhir dan Apple Store akan siap. Sampai berjumpa lagi," kata Apple. Terpantau Apple Store tidak aktif selama sekitar 15 menit sebelum pelanggan melaporkan dapat mengaksesnya lagi.

Meski terbilang sebentar, konsumen merasa kecewa dan mengekspresikan rasa frustrasi dan kekesalan mereka lewat media sosial X/Twitter. Mereka menyoroti, Apple sebagai jenama kelas dunia seharusnya melakukan persiapan yang baik.

"Apple adalah perusahaan terbesar di dunia dan mereka bahkan tidak dapat menyiapkan situs webnya untuk peluncuran iPhone 15 yang sudah direncanakan," ujar warganet bernama Matt Wallace.

Warganet lain berseloroh orang-orang sudah rela mengeluarkan uang untuk ponsel terbaru dan Apple malah 'menolak' uang itu. Ada juga pengguna X bernama Kyle Thayer yang mengeluh kehilangan tautan prapesan yang sudah didapat karena gangguan Apple Store. 

Apple meluncurkan seri ponsel iPhone 15 di acara perusahaan bertajuk "Wonderlust" yang berlangsung di California, Amerika Serikat, Selasa (12/9/2023). Ponsel hadir dengan ukuran layar 6,1 inci dan 6,7 inci, sama dengan iPhone generasi sebelumnya.

Hal yang menarik pelanggan adalah deretan fitur baru, termasuk desain yang mengganti "Notch" di bagian atas ponsel dengan fitur "Dynamic Island". Perangkat andalan ini juga hadir dalam lima warna baru, antara lain merah muda, kuning, hijau, biru, dan hitam.

Ponsel memiliki kamera yang ditingkatkan yang memungkinkan zoom lebih mumpuni. Klaim Apple, iPhone 15 akan memiliki daya tahan baterai sepanjang hari dan iPhone 15 Plus akan memiliki baterai yang lebih besar, namun belum jelas berapa lama keduanya akan bertahan.

Apple pun mengonfirmasi bahwa iPhone 15 akan hadir dengan port pengisian daya USB-C, port yang sama yang saat ini digunakan untuk mengisi daya iPad dan Mac. AirPods Pro juga akan beralih ke USB-C, yang memungkinkan pengisian daya lebih cepat.

Disebutkan pula, iPhone 15 memiliki fitur isolasi suara yang didukung kecerdasan buatan dan akan membuatnya lebih mudah didengar, bahkan saat pengguna berada di kereta atau tempat umum yang ramai. Klaim lain, casing iPhone 15 sebagian terbuat dari bahan daur ulang dan kobalt yang digunakan kembali.

Harga iPhone 15 mulai dari 799 dolar AS (Rp 12,2 jutaan). Varian lebih mahal, yakni iPhone 15 Pro yang memiliki banyak fitur tambahan dijual mulai harga 999 dolar AS (Rp 15,3 jutaan). Sementara, iPhone Pro Max dibanderol seharga 1.199 dolar AS (Rp 18,4 jutaan).

Ponsel iPhone 15 Pro hadir dengan casing titanium grad lima baru, yang membuat model baru ini lebih tahan lama dan ringan dibandingkan model Pro generasi iPhone sebelumnya. Selain itu, iPhone 15 Pro memiliki tombol tindakan yang dapat disesuaikan di sisi ponsel, menggantikan tombol mute.

Chipset A17 Pro baru untuk perangkat itu diklaim memiliki kinerja 10 kali lebih tinggi dibandingkan pendahulunya dan sebanding dengan beberapa PC. Pengguna diyakini bisa lebih puas saat memainkan game seluler dengan resolusi tinggi.

Sementara, iPhone 15 Plus yang berukuran lebih besar dijual dengan harga mulai dari 899 dolar AS (Rp 13,8 jutaan). Perangkat memiliki kamera utama 48 megapiksel, yang punya opsi telefoto dua kali lipat serta dilengkapi chip bionik A16.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement