Ahad 17 Sep 2023 11:11 WIB

Pahami Dunia AI Hingga Blockchain Lewat Buku Ini

Buku ini mengungkap perkembangan dan implementasi teknologi digital.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Peluncuran buku Berpacu Di Era 5.0 karya Prof Dr Ir Yandra Arkeman, M. Eng.
Foto: Republika/ Desy Susilawati
Peluncuran buku Berpacu Di Era 5.0 karya Prof Dr Ir Yandra Arkeman, M. Eng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Guru Besar Teknologi Industri Pertanian, Prof Dr Ir Yandra Arkeman M.Eng meluncurkan buku “Berpacu di Era 5.0: Antologi Pemikiran Mengenai AI, Blockchain dan Teknologi Digital Terkini”, Sabtu (16 /9/2023) di Jakarta.  

Buku ini merupakan rangkaian pemikiran Prof Yandra dengan sejumlah penulis dan pelaku teknologi digital mengenai berbagai perkembangan dan implementasi teknologi digital yang dikembangkan melalui Kluster Keilmuan BRAIN IPB selama beberapa tahun ke belakang. Mulai dari penerapan blockchain dalam sistem halal di Indonesia, bagaimana memprediksi ketersediaan pangan melalui machine learning, penggunaan drone untuk agroindustri pedesaan dan masa depan uang digital. 

Baca Juga

Dalam buku ini pembaca disodorkan tidak hanya pemikiran futuristik yang belum banyak diterapkan di Indonesia, seperti komputer kuantum, tetapi juga aplikasi nyata yang telah digunakan di lapangan untuk pengambilan keputusan, seperti aplikasi Arfina atau Artificial Intelligence Fire Monitoring Integrated Ground Checking Nusantara yang telah diterapkan oleh BUMN PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III. 

Aplikasi ini berfungsi mendeteksi kebakaran hutan dan lahan melalui pencitraan satelit untuk mendeteksi titik api secara cepat dan tepat.   

Sejumlah tulisan dalam buku ini merupakan kolaborasi dengan sejumlah penulis lainnya, antara lain dengan Kepala Pusat Kajian Sains Halal IPB University, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional. 

Yandra pun berharap buku ini dapat memberikan pengetahuan lebih luas kepada publik mengenai perkembangan teknologi digital terkini dan implementasinya di Indonesia dalam berbagai aspek.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement