Senin 11 Sep 2023 13:36 WIB

Jangan Sembarangan Bersihkan Perabot dengan Cuka Putih, Ini yang Harus Dihindari

Pastikan Anda selalu punya sebotol cuka putih di rumah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun dinilai ampuh menghilangkan noda, cuka putih juga dapat merusak bahan tertentu yang sering ada di rumah.  (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Meskipun dinilai ampuh menghilangkan noda, cuka putih juga dapat merusak bahan tertentu yang sering ada di rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Cuka putih telah lama dianggap sebagai salah satu cara pembersih terbaik. Khususnya, bagi mereka yang ingin menjaga rumah tetap bersih. "Pastikan Anda selalu punya sebotol cuka putih mengingat ini adalah cara alternatif untuk produk pembersih yang terjangkau," kata pakar tren Nick Drewe seperti dilansir Express, Senin (11/9/2023).

Meskipun dinilai ampuh menghilangkan noda, cuka putih juga dapat merusak bahan tertentu yang sering ada di rumah. Berikut daftar barang yang tidak bisa dibersihkan dengan cuka putih:

Baca Juga

1. Cermin

Banyak orang percaya menggunakan cuka putih untuk membersihkan cermin akan membantu menghilangkan goresan seperti yang dilakukan pada jendela. Tapi kenyataannya tidak demikian.

Meski sama-sama terbuat dari kaca, cermin memiliki lapisan belakang yang membuatnya bersinar dan terpantul. Menerapkan cuka akan meresap ke dalam lapisan ini. Artinya, untuk membersihkannya perlu menggunakan produk khusus untuk cermin selain kain.

 

2.Lantai

Drewe menyebut tidak semua jenis lantai bisa dibersihkan oleh cuka. Ada beberapa bahan yang bisa menyebabkan lapisan akhir terkikis seiring waktu, seperti permukaan yang dilapisi lilin dan batu.

"Beberapa produsen lantai membatalkan garansi jika ada tanda-tanda bahwa cuka telah digunakan karena cuka juga dapat menghilangkan sealer lantai. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih pembersih yang khusus dibuat untuk lantai kayu atau batu karena ini akan membantu melindunginya dengan lebih baik seiring waktu," ujarnya.

 

3.Mesin pencuci piring

Terlepas dari kenyataan bahwa cuka putih sering disarankan sebagai pilihan pembersih untuk mesin pencuci piring, para ahli menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut karena terbukti memiliki efek yang kecil. 

Faktanya, hal ini justru dapat merusak pipa dan komponen karet di dalam peralatan seperti mesin pencuci piring. Sebagai gantinya, gunakan pembersih pencuci piring yang diformulasikan khusus yang dapat dibeli dengan harga relatif murah di supermarket.

 

4.Bagian atas dapur

Bagian atas dapur yang mengilap bisa mulai memudar jika dibersihkan berulang kali menggunakan cuka putih. Oleh karena itu, Drewe menyarankan untuk tidak melakukannya.

“Sebelum Anda mulai membersihkan, pastikan untuk memeriksa ulang apakah pembersih serbaguna Anda tidak mengandung cuka sebagai bahannya karena penggunaan cuka secara berlebihan secara perlahan dapat membuat kilau di meja Anda memudar," ucap dia.

Drewe menyarankan ramuan sederhara berupa air hangat dan sabun cuci piring yang lembut. Ini menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan meja dapur dan menghilangkan noda atau goresan membandel.

 

5.Layar

Cuka putih dapat membantu menghilangkan noda yang tidak enak dipandang, tapi sebaiknya dihindari pada ponsel, tablet, atau layar elektronik karena dapat merusak sifat anti-silaunya.

Hal ini mungkin membuat perangkat kurang responsif terhadap elemen layar sentuh apa pun. Bahkan, dapat menyebabkan perangkat rusak.

"Sebaliknya, gunakan spons lembut atau kain lembab yang diberi air untuk menghilangkan goresan. Anda juga dapat membeli tisu layar yang dirancang khusus untuk perangkat elektronik untuk mengatasi noda yang lebih keras," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement