Jumat 08 Sep 2023 17:04 WIB

Hati-Hati, Kode QR Ternyata Bisa Disalahgunakan

Penjahat siber kini mengincar kode QR untuk melakukan penipuan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ini mulai marak penipuan dengan menggunakan kode QR yang disalahgunakan untuk kejahatan/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Saat ini mulai marak penipuan dengan menggunakan kode QR yang disalahgunakan untuk kejahatan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kode QR dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Contohnya, cara cepat melakukan pengisian survei, mengunduh hal-hal bermanfaat, dan mengunjungi situs web yang diminati. 

Lagi pula, mengarahkan ponsel Anda ke sebuah gambar jauh lebih mudah daripada mengetikkan URL yang sangat panjang. Namun, kenyamanan tersebut ternyata berisiko. 

Baca Juga

Dibandingkan dengan tautan reguler, jebakan penjahat siber dapat ditemukan dengan mudah. Tanda bahayanya sudah diketahui, yakni kesalahan ketik atau karakter tambahan di alamat situs, pengalihan terselubung, zona domain aneh, dan sebagainya. Namun, untuk kode QR, tidak ada yang bisa menebak ke mana guratan seperti sebentuk kotak hitam itu akan membawa Anda. 

Dengan contoh kasus yang menarik, Kaspersky kali ini menjelaskan bagaimana kotak yang tampak tidak berbahaya tersebut dapat menimbulkan ancaman, dan bagaimana agar tidak menjadi korban para penipu daring. 

Seorang warga Singapura berusia 60 tahun memindai stiker kode QR di kaca pintu kedai kopi untuk mendapatkan secangkir bubble tea gratis. Ternyata kemudian, stiker tersebut telah dieksploitasi. Kode QR penipuan tersebut berisi tautan untuk mengunduh aplikasi Android pihak ketiga, yang menurutnya dapat digunakan untuk mengikuti survei. 

Namun, nyatanya itu merupakan aplikasi berbahaya. Setelah diinstal program meminta akses ke kamera dan mikrofon, dan untuk mengaktifkan layanan aksesibilitas Android. 

Layanan Android bawaan ini memungkinkan penjahat siber untuk melihat dan mengontrol layar korban, serta menonaktifkan pengenalan wajah dan sidik jari— dengan cara ini penyerang dapat memaksa korban untuk mengetikkan kata sandi aplikasi perbankan mereka secara manual, jika diperlukan. Para penipu hanya perlu menunggu korban masuk, mencegat kredensialnya, dan kemudian menggunakannya untuk mentransfer seluruh uang ke rekening mereka. 

Melalui siaran pers, Jumat (8/9/2023), Kaspersky merekomendasikan pengguna untuk memperhatikan hal-hal berikut ini. 

Pertama, periksa dengan cermat alamat situs yang tertaut di dalam kode QR, dan cari tanda bahaya yang umum. 

Kedua, pastikan konten yang diharapkan dan aktual sesuai. Misalnya, jika kode tersebut seharusnya mengarah ke survei, secara logis harus ada semacam formulir dengan pilihan jawaban. 

Jika tidak, segera tutup situs tersebut. Namun meskipun halaman tersebut tidak menimbulkan kecurigaan, Anda tetap harus berhati-hati— halaman tersebut mungkin palsu berkualitas tinggi. 

Ketiga, jangan mengunduh aplikasi melalui kode QR. Biasanya, aplikasi yang bonafide selalu dapat ditemukan di Google Play, App Store, atau platform resmi lainnya. Aplikasi dari sumber pihak ketiga tidak boleh dipasang dalam hal apa pun. 

Keempat, lindungi perangkat Anda dengan solusi keamanan yang andal. Pemindai QR internal memungkinkan Anda memeriksa tautan yang terkubur di labirin kotak. 

Selain itu solusi Kaspersky akan memblokir upaya mengunjungi situs berbahaya dan melindungi Anda dari banyaknya ancaman lain di dunia maya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement