Jumat 01 Sep 2023 07:05 WIB

Bukan Cuma WhatsApp, Ini Aplikasi Perpesanan yang Jamin Privasi Pengguna

Di era keterhubungan digital, privasi pengguna telah menjadi perhatian utama.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu fitur Telegram yang menjamin keamanan pengguna adalah fitur secret chat yang dapat terhapus secara otomatis dalam waktu tertentu./ilustrasi
Foto: Youtube
Salah satu fitur Telegram yang menjamin keamanan pengguna adalah fitur secret chat yang dapat terhapus secara otomatis dalam waktu tertentu./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Layanan perpesanan memiliki fungsi yang sangat krusial, karena mampu mempermudah interaksi pengguna dengan keluarga dan teman melalui jaringan internet. Namun, di era keterhubungan digital, privasi pengguna telah menjadi perhatian utama, terutama dalam hal bertukar pesan.

Mengingat hal ini, penting bagi pengguna untuk memastikan memilih layanan perpesanan yang mengedepankan protokol enkripsi yang ketat. Enkripsi end-to-end merupakan dasar dari privasi pengguna pada platform perpesanan modern. Agar tak salah pilih, berikut daftar layanan perpesanan pribadi terbaik untuk pengguna Android dan iOS seperti dilansir Gizchina, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga

1. Signal

Signal merupakan aplikasi perpesanan yang mengutamakan privasi, dan menjadi alternatif terbaik selain WhatsApp. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan, dengan enkripsi end-to-end yang kuat sehingga memastikan komunikasi penggunanya benar-benar privat. Signal telah mendapatkan pujian positif atas dedikasinya yang tak tergoyahkan untuk menjaga data pengguna.

Signal menawarkan beragam fitur, termasuk panggilan suara dan video, pesan teks, dan bahkan integrasi SMS. Untuk memastikan tingkat perlindungan privasi tertinggi, sangat penting bagi kedua belah pihak yang terlibat untuk menggunakan Signal. Aplikasi ini memiliki ciri khas desain material antarmuka yang ramah pengguna, sebuah filosofi desain yang awalnya digagas oleh Google.

 

2. Telegram

Telegram adalah alternatif kuat lainnya untuk WhatsApp, yang dibedakan oleh enkripsi end-to-end yang komprehensif. Salah satu fiturnya yang menonjol adalah fitur secret chat yang dapat terhapus secara otomatis dalam waktu tertentu.

Sama seperti Signal, Telegram menawarkan spektrum fungsi yang mencakup pesan suara dan video, percakapan berbasis teks, dan dukungan ekstensif untuk GIF. Secara khusus, Telegram memperkenalkan konsep saluran dan obrolan grup, menyediakan ruang diskusi tematik yang dapat mengakomodasi sejumlah besar pengguna, yang semakin meningkatkan kegunaannya.

 

3. Viber

Viber adalah pemain yang tangguh dalam ranah platform komunikasi instan, yang secara efektif menghubungkan keluarga dan teman melalui Internet dan data seluler. Viber menjadi salah satu layanan perpesanan paling populer yang terkenal dengan enkripsi end-to-end yang kuat di semua format komunikasi.

Platform serbaguna ini mendukung panggilan suara, pesan teks, dan obrolan grup, dilengkapi dengan koleksi stiker yang luas yang menyuntikkan semangat ke dalam percakapan. Bagi mereka yang ingin mempersonalisasi obrolan mereka lebih jauh, Viber menawarkan opsi untuk membeli stiker tambahan dan add-on yang menyenangkan.

 

4. Messenger

Messenger, yang dikembangkan oleh Meta Platforms (sebelumnya Facebook), telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem perpesanan yang memiliki banyak sisi. Awalnya diperkenalkan sebagai Facebook Chat pada tahun 2008, platform ini telah mengalami transformasi yang signifikan untuk mencakup aplikasi iOS dan Android mandiri, perangkat keras khusus untuk panggilan Messenger, dan aplikasi desktop untuk Windows dan macOS.

Platform serbaguna ini memfasilitasi pertukaran pesan, foto, video, stiker, klip audio, dan file. Aplikasi ini juga mendukung panggilan suara dan video, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan kontak mereka dalam berbagai cara. Aplikasi mandiri Messenger menawarkan fleksibilitas untuk mengelola beberapa akun, enkripsi end-to-end opsional untuk percakapan, dan bahkan kesempatan untuk bermain game dalam platform.

 

5. WhatsApp

WhatsApp merupakan layanan perpesanan paling populer di antara platform komunikasi instan, dengan basis pengguna yang luas di seluruh dunia. Layanan gratis ini menjunjung tinggi komitmennya terhadap privasi pengguna melalui enkripsi end-to-end untuk pesan dan percakapan grup.

WhatsApp terkenal dengan fitur obrolan grupnya yang mudah digunakan, yang memfasilitasi komunikasi tanpa batas di antara keluarga dan teman. Namun, aplikasi ini telah menarik perhatian yang signifikan karena keterkaitannya dengan grup perusahaan Facebook, menjadikannya subjek kontroversi yang sedang berlangsung.

Yang membedakan WhatsApp dengan layanan perpesanan lain adalah platform webnya yang luar biasa dan ketersediaan aplikasi untuk berbagai sistem operasi, termasuk Mac dan Windows. Karena itu, WhatsApp menjadi solusi perpesanan yang mudah diakses dan digunakan secara luas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement