Jumat 25 Aug 2023 15:13 WIB

Waspada Polusi, Cek 5 Aplikasi Pengecek Kualitas Udara Ini

Pilihlah aplikasi pengecek kualitas udara sesuai kebutuhan Anda.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ini banyak orang akan mengandalkan ponsel cerdas mereka untuk mengetahui informasi terbaru tentang kualitas udara (AQI)./ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Saat ini banyak orang akan mengandalkan ponsel cerdas mereka untuk mengetahui informasi terbaru tentang kualitas udara (AQI)./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kualitas udara di DKI Jakarta, dilaporkan terus memburuk, baru-baru ini. Saat ini banyak orang akan mengandalkan ponsel cerdas mereka untuk mengetahui informasi terbaru tentang kualitas udara (AQI).

Jadi memiliki aplikasi khusus pengecek kualitas udara, adalah hal yang masuk akal.  Namun, boleh jadi orang akan menemukan ratusan bahkan ribuan aplikasi AQI, yang memberikan wawasan dan kegunaan berbeda.

Baca Juga

Aplikasi AQI adalah cara yang paling mudah diakses untuk memeriksa kualitas udara lokal, kendati bisa saja tidak terlalu akurat. Kualitas udara bisa sangat bervariasi bahkan antar jalan, jadi jika benar-benar ingin mengawasi kualitas udara, ada baiknya menggunakan monitor kualitas udara. Berikut ada lima rekomendasi lima aplikasi, dikutip dari Breathesafeair, Jumat (25/8/2023). 

 

1.AirVisual

Aplikasi ini tidak memiliki iklan dan menawarkan semua data penting dalam tampilan yang bersih. Alat ini juga memiliki sumber data terbanyak dan terintegrasi dengan Monitor Kualitas Udara AirVisual.

 

2.Plume Labs: Air Quality Apps

Banyak yang lebih menyukai tampilan Plume Labs karena dianggap lebih modern. Aplikasi ini juga memiliki data lengkap untuk sebagian besar kota dan menyediakan fitur lain seperti peta titik polusi (untuk beberapa kota).

 

3. AirMatters

Aplikasi ini menyediakan salah satu pembacaan AQI terlengkap dalam UI yang modern dan bermanfaat. Masing-masing polutan dipecah berdasarkan konsentrasinya, dan aplikasi menawarkan saran mitigasi.

 

4. AirLief

Sebuah aplikasi yang memberikan rekomendasi AQI yang dipersonalisasi berdasarkan usia, apakah Anda merokok atau tidak, dan kondisi kesehatan lainnya. Jika bersedia memberikan beberapa info, saran hasil personalisasi dari aplikasi ini bisa sangat berguna!

 

5. Haze: Air Quality & Weather 

Meskipun bukan aplikasi yang paling detail, ini adalah yang paling mudah dipahami dan memberikan gambaran sangat baik tentang AQI saat ini. Jika Anda menginginkan kesederhanaan, Air Quality Live adalah aplikasi AQI yang bagus.

Pasti ada keseimbangan dalam hal aplikasi AQI, dan Anda dapat memilih aplikasi yang lebih detail atau lebih bersih dan mudah digunakan. AirMatters and AirVisual menemukan keseimbangan terbaik antara informasi dan kesederhanaan.

Masing-masing aplikasi bisa memeriksa kualitas udara sesuai kebutuhan. Pada akhirnya, semuanya tergantung pada preferensi. Aplikasi mana yang memiliki UI terbaik, dan apakah Anda lebih suka memilih informasi mendetail atau kemudahan penggunaan? Semua bergantung pilihan masing-masing pengguna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement