Senin 28 Aug 2023 12:49 WIB

Google Chrome Hadirkan Fitur Read Aloud di Canary Build

Fitur Read Aloud berguna bagi penyuka konten yang tak suka baca.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Chrome mengenalkan fitur baru Read Aloud.
Foto: mashable
Chrome mengenalkan fitur baru Read Aloud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Chrome adalah salah satu browser yang kaya fitur. Chrome selalu menambahkan fitur baru, tetapi belum memiliki kemampuan untuk membacakan artikel daring dengan text-to-speech (TTS) seperti yang dimiliki Microsoft Edge.

Namun, opsi baru telah terlihat di Chrome Canary yang memungkinkan browser membacakan artikel di web dengan suara. Seorang pengguna Twitter bernama @Leopeva64 membagikan video di Twitter yang menunjukkan fitur “Read Aloud” baru di Chrome Canary. Fitur ini menambahkan tombol “Putar” kecil di samping artikel, yang dapat diklik pengguna agar browser membacakan artikel tersebut dengan lantang.

Baca Juga

Dikutip dari Gizmo China, Senin (28/8/2023), suaranya terdengar seperti robot, tetapi tetap merupakan fitur yang berguna bagi orang-orang yang lebih suka mendengarkan konten daripada membacanya.

Selain itu, Chrome Unboxed baru-baru ini melihat fitur "Read Aloud" di Chrome Canary versi Android. Untuk menggunakannya, pengguna harus mengunduh Chrome Canary dari Google Play Store dan mengaktifkan tanda “Read Aloud” di chrome://flags. Setelah diaktifkan, pengguna dapat menyorot teks apa pun di halaman web dan mengetuk ikon menu tiga titik untuk memilih opsi “Read Aloud”.

Sudah ada ekstensi “Read Aloud” yang tersedia untuk Chrome desktop, dan Asisten Google juga memiliki fitur “Read” di Android. Namun, keduanya merupakan solusi pihak ketiga, dan ada baiknya menunggu Google memperkenalkan fitur ‘Read Aloud’ asli di Chrome.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement