Selasa 29 Aug 2023 05:48 WIB

Ini Deretan Ponsel Murah dengan Performa Terbaik di 2023

Ponsel dengan harga yang terjangkau juga bisa memberikan performa yang optimal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Agar tidak terjebak membeli ponsel murah dengan kualitas yang kurang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Salah satu di antaranya adalah  harga ponsel./ilustrasi
Foto: Dok Samsung Electronics Indonesia
Agar tidak terjebak membeli ponsel murah dengan kualitas yang kurang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Salah satu di antaranya adalah harga ponsel./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ponsel pintar dengan kualitas yang baik sering kali identik dengan harga yang mahal. Padahal sebagian ponsel dengan harga yang terjangkau juga bisa memberikan performa yang optimal.

Akan tetapi, memilih ponsel murah yang berkualitas bisa cukup sulit untuk dilakukan. Tak jarang, ponsel murah terlihat sangat baik saat dipromosikan, namun tidak begitu baik ketika digunakan.

Baca Juga

Agar tidak terjebak membeli ponsel murah dengan kualitas yang kurang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Salah satu di antaranya adalah  harga ponsel.

Engadget merekomendasikan pengguna untuk memilih ponsel murah dengan rentang harga 100-300 dolar AS atau sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 4,6 juta. Engadget tidak merekomendasikan pengguna untuk membeli ponsel dengan rentang harga yang lebih murah karena kemungkinan besar ponsel tersebut memiliki performa kurang baik.

Selain itu, pengguna perlu menyesuaikan ekspektasi mereka pada ponsel murah yang mereka beli. Ponsel-ponsel dengan harga terjangkau tentu akan memberikan pengalaman dan performa yang berbeda dengan ponsel premium.

Hal lain yang perlu dilakukan pengguna adalah memahami apa yang mereka inginkan dari sebuah ponsel dan "merelakan" fitur lainnya. Sebagai contoh, ponsel dengan baterai yang bertahan lama biasanya memiliki kualitas kamera yang lebih rendah.

Mengingat ponsel-ponsel iPhone memiliki harga yang cukup tinggi, opsi ponsel murah yang berkualitas yang tersedia hanyalah ponsel Android. Berikut ini tiga rekomendasi ponsel murah berkualitas dari Engadget, Selasa (29/8/2023).

 

OnePlus Nord N30 5G

Ponsel OnePlus Nord N30 5G baru saja diluncurkan dengan harga 300 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 juta. Di antara semua ponsel pintar dengan harga tersebut, OnePlus Nord N30 5G menawarkan prosesor paling cepat. Selain itu, OnePlus Nord N30 5G hadir dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan yang cukup besar, yaitu 128GB.

Ponsel ini turut dilengkapi dengan layar atau display 120Hz IPS yang dapat menunjang penggunaan sehari-hari serta gaming. Tak hanya itu, OnePlus Nord N30 5G disertai dengan power adapter 50W yang memungkinkan daya baterai terisi penuh dalam waktu 30 menit pengisian daya.

Samsung Galaxy A14 5G

Dengan harga 200 dolar AS atau sekitar Rp 3 juta, Samsung Galaxy A14 5G memiliki cukup banyak keunggulan yang ditawarkan. Selain performa yang cepat, ponsel ini turut dilengkapi dengan kamera yang kompeten. Ponsel ini juga dilengkapi koneksi NFC untuk menunjang pembayaran tanpa kontak. Fitur seperti ini jarang ditemukan pada ponsel dengan harga serupa.

Yang tak kalah menguntungkan, ponsel ini memiliki baterai dengan daya yang optimal. Dalam kondisi baterai terisi penuh dan dengan penggunaan sedang, Samsung Galaxy A14 5G bisa bertahan selama dua hari.

Dari segi pembaruan perangkat lunak, Samsung Galaxy A14 5G akan mendapatkan dua pembaruan besar dari Android. Selain itu, ponsel ini juga mendapatkan jaminan pembaruan keamanan selama empat tahun.

 

Samsung Galaxy A03s

Bila menginginkan ponsel dengan harga yang lebih terjangkau, Samsung Galaxy A03s dapat  menjadi pilihan tepat. Ponsel yang dibanderol dengan harga 160 dolar AS, atau sekitar Rp 2,4 juta, ini dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P35.

Akan tetapi, ponsel ini memiliki kualitas kamera yang kurang begitu baik. Selain itu, ruang penyimpanannya juga terbilang kecil, yaitu 32GB.

Kabar baiknya, ponsel Samsung Galaxy A03s akan mendapatkan pembaruan keamanan selama empat tahun dari Samsung. Pembaruan serupa jarang diberikan pada ponsel dengan rentang harga serupa.

 

Motorola Moto G Stylus

Meski dibanderol dengan harga 200 dolar AS atau sekitar Rp 3 juta, ponsel Motorola Moto G Stylus dilengkapi dengan stylus bawaan. Ponsel ini dapat menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang suka membuat sketsa gambar atau menulis catatan dan membutuhkan ponsel terjangkau.

Selain stylus, Motorola Moto G Stylus memiliki beberapa keunggulan lain seperti layar yang besar yaitu 6,5 inci dan baterai 5000 mAh. Selain itu, ponsel Motorola Moto G Stylus hadir dengan dua pilihan warna menarik yaitu midnight blue dan glam pink.

Dari segi kamera, Motorola Moto G Stylus dapat menangkap gambar dengan kualitas yang cukup baik. Ponsel ini pun dilengkapi dengan fitur fast charging dan proteksi yang lebih baik dari paparan air. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement