Sabtu 26 Aug 2023 09:46 WIB

Bebas Pegal, Ini 5 Cara Mengetik yang Benar

Desain keyboard yang tidak ergonomis sering membuat tangan kesakitan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perhatikan cara mengetik dengan keyboard yang benar agar tangan terasa lebih nyaman./ilustrasi
Foto: Logitech
Perhatikan cara mengetik dengan keyboard yang benar agar tangan terasa lebih nyaman./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Permasalahan keyboard yang sering terjadi adalah peranti ini tidak dirancang dengan mempertimbangkan ergonomis terbaik. Beberapa produsen ada yang mengeluarkan desain untuk membuat pengetikan keyboard menjadi nyaman dan bebas rasa sakit, tetapi ada juga yang desainnya membuat pengguna kesakitan.

Meskipun dengan beberapa fitur ergonomis, pergelangan tangan pasti melakukan deviasi ulnaris atau jari menekuk secara tidak normal saat menggunakan keyboard. Masalahnya, tangan tidak dimaksudkan untuk berada dalam posisi itu untuk waktu yang lama. Risikonya bisa terjadi kerusakan saraf, sindrom terowongan karpal, dan cedera terkait ketegangan lainnya akan meningkat.

Baca Juga

Jika pernah merasakan sakit saat mengetik, jangan diabaikan. Dilansir Giz China, Sabtu (26/8/2023) berikut ini cara-cara agar mengetik dengan keyboard terasa lebih nyaman.

 

1. Sesuaikan Ketinggian Tempat Duduk

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat pengetikan keyboard menjadi nyaman adalah menyesuaikan ketinggian tempat duduk. Ini bisa sangat membantu dalam membuat pergelangan tangan tetap berada pada posisi yang lebih baik saat mengetik.

Namun, jangan menempatkan tempat duduk pada pengaturan ketinggian tertinggi. Sebaliknya, dudukannya harus cukup tinggi agar jari dapat bertumpu secara alami pada keyboard. Selain itu, ketinggian tempat duduk tidak boleh membuat pergelangan tangan miring ke atas atau ke bawah saat mengetik di keyboard.

Posisi netral menjadi tujuan utama penyesuaian ini. Pastikan juga lengan bawah menyentuh meja. Namun dalam hal ini, tempat duduk tidak boleh terlalu rendah apalagi sampai mengangkat bahu yang dapat menyebabkan nyeri bahu.

 

2. Cobalah Sandaran Tangan

Perlunya sandaran tangan bergantung pada pengguna dan pengaturannya. Meskipun beberapa pengguna mungkin lebih suka menggunakannya, yang lain mungkin tidak mendapatkan pengalaman mengetik yang nyaman menggunakan sandaran tangan.

Sandaran tangan dapat memberikan istirahat untuk pergelangan tangan, membuat sesi mengetik yang lama tidak menimbulkan rasa sakit bagi tangan. Untuk memeriksa apakah itu sepadan, dapat mencoba dengan menyimpan buku berukuran setengah inci.

 

3. Ubah Posisi Pergelangan Tangan

Tidak mudah mengubah posisi pergelangan tangan. Secara umum, seseorang akan tetap menggunakan posisi tangan yang sama seperti saat pertama kali menggunakan keyboard. Itu menjadi kebiasaan. Namun seiring berjalannya waktu dan sedikit fokus, bisa juga dipertimbangkan untuk mengubah posisi dan membuat pengetikan keyboard menjadi lebih nyaman dari sebelumnya.

Mungkin kecepatan mengetik akan sedikit berkurang saat mengubah posisi pergelangan tangan untuk pertama kalinya. Selain itu, saat mencoba mengubah posisi pergelangan tangan agar pengetikan keyboard lebih nyaman, usahakan tetap selurus mungkin.

 

4. Cobalah Keyboard Tipe Lainnya

Keyboard tipe lain yang berbeda dari keyboard klasik, dirancang dengan mempertimbangkan ergonomis dan kenyamanan, menjadikannya pilihan terbaik jika ingin tangan terasa nyaman selama sesi mengetik yang lama. Jadi, jika kesulitan membuat pengetikan keyboard, maka ini harus dicoba.

Meskipun demikian, ada dua tipe utama keyboard tipe lainnya. Yang pertama tipe dengan dua keyboard terpisah. Sementara yang kedua adalah keyboard dengan tata letaknya dibagi dua. Kedua tipe ini adalah ide bagus jika sedang bepergian dan perlu mengetik dengan keyboard.

Kedua tipe keyboard ini memungkinkan seseorang untuk memposisikan tangan sebebasnya. Perlu juga memastikan bahwa kabel keyboard cukup panjang untuk memberikan pengalaman mengetik keyboard yang tepat.

 

5. Pelajari Shortcuts dan Gunakan macro

Meskipun banyak dari kita memandang macro dan shortcuts sebagai cara untuk menghemat waktu dan mengetik dengan cepat, keduanya dapat berfungsi dengan baik dalam membuat pengetikan keyboard yang lebih nyaman. Secara umum, setiap program yang digunakan memiliki hotkey, shortcut, dan macro.

Kita dapat menggunakan itu semua untuk menghindari menjangkau beberapa tombol dan mouse tertentu saat bekerja. Jika menggunakan Microsoft Word untuk semua tugas mengetik, latihlah memori otot untuk shortcut. Ini tidak hanya membuat kita lebih efisien, tetapi juga menyelamatkan kita dari nyeri pergelangan tangan dan bahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement